Hari Ini Golkar Buka Pendaftaran Calon Ketua Umum

Hari Ini Golkar Buka Pendaftaran Calon Ketua Umum
Ketum Partai Golkar Airlangga Hartarto (tengah). (Foto: Beritasatu Photo / Robert Wardhy)
Robertus Wardi / RSAT Kamis, 28 November 2019 | 10:06 WIB

Jakarta, Beritasatu.com  - Partai Golkar (PG) akan  menggelar Musyawarah Nasional (Munas) di Jakarta, 4-6 Desember 2019. Agenda Munas adalah memilih Ketua Umum (Ketum) PG periode 2019-2024.

Ketum PG menyebut mulai Kamis (28/11/2019), panitia Munas membuka pendaftaran bakal calon (Balon) Ketum. Pendaftaran hingga  2 Desember 2019.

"Mulai hari ini (Kamis, red) sampai tanggal 2 Desember 2019. Nanti masukkan persyaratan-persyaratannya, seperti kartu anggota. Terus pernah menjadi pengurus segala macam," kata Airlangga seusai memimpin rapat pleno penggurus DPP PG di kantor Golkar, kawasan Slipi, Jakarta Barat, Rabu (27/11) malam.

Airlangga menjelaskan mekanisme teknis pemilihan Ketum diputuskan di forum Munas. Mekanisme sesuai Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) adalah mengusulkan menggunakan surat dukungan. Jika forum Munas tidak menyetujui berarti mekanisme yang lain yang digunakan.

"Aklamasi tidak dilarang selama syarat-syaratnya terpenuhi. Jadi aklamasi atau musyawarah mufakat, atau melalui pemilihan itu mekanisme yang bisa digunakan," kata Airlangga yang juga Menko Perekonomian.

Sementara Ketua DPP PG Jerry Sambuaga mengemukakan semua materi Munas sudah selesai dan telah disetujui dalam rapat pleno. Materi itu akan dibawa ke forum Munas untuk dibahas lagi dan disahkan. Alasannya Munas adalah forum tertinggi pengambilan keputusan dalam partai.

"Persiapannya sudah matang karena SC (Steering Commite) sudah bekerja. Materi-materinya sebetulnya sudah ada, sudah dibahas beberapa hari sampai pagi, sampai jam 3-4 pagi. Tadi sudah diputuskan untuk dibawa ke dalam Munas untuk disahkan. Jadi forum yang mengesahkan itu di Munas. Kita hanya menyampaikan bahwa ini sudah kita kerjakan. Kalau soal OC (Organization Commite) semua sudah siap. Tempatnya sudah ada sudah, udah kita cek. Semua sudah bisa dibilang sudah 85% sudah siap. Besok dan lusa sudah sempurna," kata Jerry.

Dia menyebut materi yang disiapkan seperti pertanggungjawaban Ketum, tentang kepesertaan, verifikasi, keanggotaan, dan yang lain. Semuaa sudah siap tinggal dibukukan.

"Nanti peserta Munas yang akan membahas satu persatu," ujar Jerry.



Sumber: Suara Pembaruan