OSO Tolak Jabat Wantimpres

OSO Tolak Jabat Wantimpres
Oesman Sapta Odang. ( Foto: Antara )
Carlos KY Paath / JAS Jumat, 13 Desember 2019 | 13:06 WIB

Jakarta, Beritasatu.com – Ketua Umum (ketum) Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) Oesman Sapta Odang (OSO) menolak jabatan Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres). Penolakan tersebut bukan tanpa alasan. OSO memilih fokus memimpin Hanura.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) disebut telah mengetahui keputusannya itu. “Pak Presiden sudah tahu sikap saya. Jangan dikira saya tolak tanpa alasan,” kata OSO seusai bertemu Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno, di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (13/12/2019).

Baca juga: Dato Tahir, Wiranto, dan Habib Luthfi Disebut-sebut Masuk Wantimpres

Sekadar diketahui, anggota Wantimpres memang dilarang merangkap jabatan di antaranya sebagai pimpinan partai politik (parpol). “Hati nurani saya besar dengan partai, dan untuk jadi anggota Wantimpres harus tidak menjabat jabatan pimpinan parpol,” ujar OSO.

OSO berterima kasih atas kepercayaan dari Presiden. “Saya merasa, terima kasih ke Presiden yang telah hargai sekali Partai Hanura. Tapi karena syarat itu, saya memutuskan untuk sementara akan terus bersama teman-teman seperjuangan agar tetap 100 persen dukung Presiden,” ucap OSO.

Baca juga: Dipercaya Lagi Masuk Wantimpres, Sidarto: Suatu Kehormatan

OSO tidak mengetahui nama penggantinya di Wantimpres. Sebab, OSO tidak mau dianggap meminta-minta posisi. “Ada (pengganti), itu Pak Presiden yang tahu. Pak Pratikno dan Presiden sudah tahu. Jangan dipikir kami minta-minta,” tegas mantan ketua DPD tersebut. [Carlos KY Paath]



Sumber: Suara Pembaruan