PKB Usul Parpol Boleh Punya Badan Usaha Legal

PKB Usul Parpol Boleh Punya Badan Usaha Legal
Wasekjen PKB, Faisol Riza ( Foto: istimewa )
Yustinus Paat / AO Jumat, 13 Desember 2019 | 21:54 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Faisol Riza mengatakan, usulan kenaikan bantuan dana partai politik (parpol) sekitar Rp 8.000/suara, seperti yang diusulkan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), tidak bisa memenuhi dan mencukupi kebutuhan parpol secara keseluruhan.

Pasalnya, parpol di Indonesia membutuhkan dana yang cukup besar untuk menjalankan kewajiban-kewajibannya sebagai saluran politik rakyat. Oleh karena itu, PKB mengusulkan agar parpol diizinkan untuk memiliki badan usaha legal.

"Tentunya, semakin besar parpol, maka semakin besar pula dana yang dibutuhkan. Usulan kenaikan ini tentu bagus untuk parpol, tetapi sesungguhnya tidak bisa mencukupi kebutuhan partai politik secara keseluruhan," ujar Faisol di Jakarta, Jumat (13/12/2019).

Karena itu, Faisol mengatakan perlu digali dan didiskusikan kembali usulan lain, yakni partai politik diperbolehkan untuk memiliki badan usaha yang sah atau legal. Menurut dia, badan usaha parpol ini bisa mengurangi ketergantungan parpol kepada pemerintah dan APBN.

"Namun, tentunya juga dibatasi dengan aturan-aturan yang ketat, sehingga tidak bertentangan dengan kepentingan bangsa dan negara. Dengan demikian, pelan-pelan parpol mengurangi ketergantungannya kepada pemerintah," kata Faisol.



Sumber: Suara Pembaruan