Vladimir Putin akan Berkunjung ke Indonesia

Vladimir Putin akan Berkunjung ke Indonesia
Presiden Rusia Vladimir Putin membuka sesi pleno Forum Ekonomi Timur di pelabuhan Vladivostok, Rusia timur laut, Kamis (5/9/2019). ( Foto: AFP / Alexander NEMENOV )
Robertus Wardy / WBP Jumat, 20 Desember 2019 | 15:39 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Presiden Rusia Vladimir Putin akan mengunjungi Indonesia tahun depan. Kunjungan Putin dalam rangka peringatan 70 tahun hubungan Indonesia dengan Rusia.

“Presiden Putin akan berkunjung ke Indonesia. Sedang menunggu jadwal bersama dalam rangka 70 kerja sama Indonesia dengan Rusia,” kata Menko Polhukam Mahfud MD usai menerima Duta Besar Rusia untuk Indonesia di Kemko Polhukam, Jakarta, Jumat (20/12/2019).

Ia menjelaskan Putin ingin merayakan 70 tahun hubungan itu di Indonesia. Rencana awal dilakukan pada Februari 2020, tetapi tidak jadi. Namun perayaan tetap dilakukan di tahun 2020. “Mungkin dalam paruh pertama tahun 2020. Jadi sebelum lewat tahun itu,” jelas Mahfud.

Pada pertemuan itu, Mahfud juga meminta kepada Rusia agar menambah kuota mahasiswa yang mendapat beasiswa dari Rusia agar semakin banyak pelajar Indonesia yang belajar di negeri Beruang Merah itu.

“Waktu saya ke Rusia kemarin, itu banyak mahasiswa Indonesia belajar di sana. Diberi beasiswa oleh pemerintah Rusia. Dalam berbagai ilmu yang canggih-canggih. Mereka banyak merekrut dari lulusan pesantren juga. Ada 160 orang setiap tahun diberikan. Lalu saya minta ditambah dong. Maka mulai tahun depan mulai dipertimbangkan ditambah 1.000 pelajar Indonesia yang mau belajar di sana dan berbagai level. Di sana itu, perguruan tingginya kelas dunia, rangkingnya tinggi,” ujar Mahfud MD.



Sumber: Suara Pembaruan