Gibran: Saya Siap Mengabdi pada Partai

Gibran: Saya Siap Mengabdi pada Partai
Gibran Rakabuming mengisi formulir sebelum mengikuti fit and proper test, Sabtu, 21 Desember 2019. ( Foto: Suara Pembaruan/Stefy Thenu )
Stefi Thenu / CAH Sabtu, 21 Desember 2019 | 19:42 WIB

Semarang, Beritasatu.com - Bakal calon Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menegaskan siap mengabdi pada partainya, PDI Perjuangan. Hal ini dikatakan Gibran usai mengikuti fit and proper test balon kepala daerah Pilkada 2020 di Panti Marhaen DPD PDIP Jateng, Sabtu (21/12/2019).

"Perlu saya garisbawahi, saya siap mengabdi pada partai baik secara struktural maupun kultural. Sebagai kader partai, saya siap membangun partai," tegas Gibran.

Putra sulung Presiden Jokowi itu, mendapat pertanyaan oleh panitia cukup lama, sedikitnya selama satu jam.

"Sudah beres, menjawab dengan sangat lancar," ujar Agustina Wilujeng, Bendahara DPD PDIP Jateng yang memberikan fit and proper test kepada Gibran.

Gibran juga ditanya seputar visi misinya sebagai balon walikota Solo dan bagaimana responnya jika tidak mendapatkan rekomendasi dari DPP PDIP.

Baca JugaGibran di Pilwakot Solo, Presiden Jokowi Bantah Dinasti Politik

"Yang pasti tadu selain menjawab pertanyaan, saya juga mendapat ilmu dari Ibu Agustina, sebagai kader muda saya harus banyak-banyak menimba ilmu dari senior partai," ujar Gibran.

Dukung Gibran

Sementara itu, dukungan bagi Gibran juga mengalir dari sesama balon. Advokat Henry Indraguna yang menjadi bakal calon Bupati Sukoharjo, menyatakan siap ditempatkan partai dimana saja dan dalam posisi apa saja.

"Saya siap ditempatkan dimana saja dan dalam posisi apa saja. Siap jika ditempatkan sebagai Bupati Sukoharjo sesuai formulir pendaftaran yang saya ajukan, tapi siap juga jika ditempatkan sebagai wakil wali kota Solo mendampingi Gibran," tegas Henry usai fit and proper test.

Menurut Henry, oleh panitia dia mendapat 15-20 pertanyaan. Lebih dari setengah jam dia mendapat giliran dan menjawab pertanyaaan panitia.  Bagaimana jika saya tak mendapat rekomendasi? "Saya jawab, saya siap apapun keputusan partai, saya tunduk dan hormati keputusan tersebut."

Baca JugaSoal Nasib Gibran Langsung Ditentukan Megawati Soekarnoputri

Pengacara yang banyak mendampingi masalah hukum artis dan selebritas ibukota itu, bahkan mengaku siap mendukung Gibran.

"Saya siap mendukung Gibran. Negeri ini perlu banteng-banteng muda seperti Gibran untuk membawa Indonesia menjadi lebih baik di masa depan, di era revolusi 4.0 ini sosok muda seperti Gibran yang kreatif dan inovatif sangat diperlukan untuk membangun negeri," tegas Henry.

DPD PDIP Jawa Tengah hari ini menggelar fit and proper test untuk para bakal calon kepala daerah yang sudah mendaftar. Test dibagi dalam 3 sesi selama 8 jam. Tes dibuka mulai pukul 08.00 WIB hingga 16.00 WIB. Dibagi 3 sesi, sesi I jam 08.00 sampai 11.00, sesi II, 11.00 sampai 14.00, sesi III, 14.00 sampai 16.00.

Untuk Pilkada 2020 di 21 daerah di Jawa Tengah, tercatat ada 210 orang yang mendaftar baik lewat DPC masing-masing Kota Kabupaten atau DPD PDIP Jateng, dengan perincian 133 orang mendaftar lewat DPC dan 77 orang mendaftar lewat DPD PDIP Jateng.

Ketua panitia pendaftaran bakal calon kepala daerah DPD PDIP Jateng, Abang Baginda Hasibuan mengatakan, panitia tidak mengundang wali kota Semarang, bupati Wonogiri dan Grobogan karena merupakan calon tunggal, tak ada pesaing yang mendaftar.

"Tepat pada HUT ke-47 PDIP pada 10 Januari 2020, akan diumumkan calon di 10 daerah yang direkomendasi partai untuk maju dalam Pilkada 2020. Bisa satu paket, tapi bisa juga hanya calon wali kota atau bupatinya saja," ujar Baginda. 



Sumber: Suara Pembaruan