Menakar Peluang Erick Thohir Jadi Capres

Menakar Peluang Erick Thohir Jadi Capres
Erick Thohir. ( Foto: Antara )
Yustinus Paat / FMB Selasa, 31 Desember 2019 | 16:31 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Pengamat Politik Ray Rangkuti menilai Menteri BUMN Erick Thohir bisa menjadi salah satu calon presiden potensial di Pemilu 2024. Yang terpenting, kata Ray, dia bisa menyelesaikan kasus PT Asuransi Jiwasraya.

"Saya kira salah satunya adalah Jiwasraya, kalau dia lolos di sini, hasilnya cukup diterima publik, dia (Erick Tohir) akan bersinar (Pemilu) 2024 yang akan datang," ujar Ray dalam diskusi bertajuk "Leadership Outlook 2020: Potret Kinerja Pemimpin Potensial" yang diselenggarakan KAHMI Institute di Double Tree by Hilton Hotel, Cikini, Jakarta Pusat, Selasa (31/12/2019).

Bantu Nasabah Jiwasraya,Pemerintah Bentuk Holding BUMN Asuransi

Apalagi, kata Ray, Presiden Jokowi sudah mempunyai chemistry dengan Erick Thohir bahkan jauh sebelum Erick menjadi menteri. Ray juga menduga Jokowi sedang menyiapkan orang-orang khususnya di luar parpol untuk menjadi calon presiden di masa mendatang.

"Itu mungkin juga yang cukup baik dari Pak Jokowi, karena juga sedang menyiapkan kadernya juga untuk menyiapkan calon presiden yang akan datang," ungkap dia.

Menurut Ray, dukungan Jokowi pada Pemilu 2024 masih sangat menentukan. Jika Jokowi benar-benar mendukung Erick, maka Erik akan mendapatkan keuntungan lebih dan berpotensi menang.

"Jadi dari banyak aspek lah kelihatan Erik ini diuntungkan yang aspek-aspek infrastrukturnya, tinggal suprastrukturnya supaya ini ya politik harian ini, apakah ia mampu menghadapinya atau tidak," tandas Ray.

Belum Sampaikan Kinerja Keuangan 2018, Jiwasraya Dinilai Langgar GCG

Selain itu, lanjut Ray, relasi dan rekam jejak Erick Thohir juga cukup meyakinkan untuk menjadi capres potensial. Sebelum menjadi menteri, Erick menjadi Ketua Asian Games yang cukup menjual namanya. Pada saat menjadi menteri, Erick melakukan sejumlah langkah perbaikan di BUMN yang mendapat dukungan publik.

"Selama tidak dipilih oleh MPR, publik kita akan disuguhkan oleh calon-calon pemimpin yang berlomba-lomba menciptakan yang terbaik bagi bangsa pada Pemilu 2024. Erick Tohir salah satunya, dan intinya dia bisa selesaikan dengan baik kasus Jiwasraya," pungkas Ray.



Sumber: BeritaSatu.com