Mendagri Undang Sembilan Sekjen Partai

Mendagri Undang Sembilan Sekjen Partai
Arsul Sani. (Foto: Antara)
Carlos KY Paath / AO Rabu, 8 Januari 2020 | 11:21 WIB

Jakarta, Beritasatu.com – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian mengundang sembilan sekretaris jenderal (sekjen) partai politik (parpol) yang memiliki kursi di DPR. Pertemuan berlangsung di kantor Kementerian Dalam Negeri (Kemdagri), Jakarta, Rabu (8/1/2020).

Menurut Sekjen Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Arsul Sani, terdapat sejumlah poin yang kemungkinan dibahas, seperti revisi Undang-Undang (UU) Nomor 2/2011 tentang Parpol, revisi UU 7/2017 tentang Pemilu, dan persiapan Pemilihan Kepala Daerah (pilkada) Serentak 2020.

“Paling tidak, ada tiga hal yang akan disinggung atau dibahas. Pertama, tentu terkait dengan UU Parpol itu sendiri. Kedua, revisi UU Pemilu. Ketiga, kemungkinan nanti dibicarakan juga soal Pilkada Serentak 2020 di 270 daerah,” kata Arsul setibanya di kantor Kemdagri.

Arsul mengapresiasi inisiatif pertemuan yang digagas Tito. Arsul menyatakan, komunikasi dan silaturahmi pemerintah dan parpol tentu akan memudahkan pembahasan regulasi di DPR. Para perwakilan partai saling mengetahui sikap dan pandangan awal seperti menyangkut UU Pemilu.

“Kalau kita mulai dengan pembicaraan informal di antara para sekjen yang mempunyai fraksi di DPR ini akan lebih bagus. Paling tidak kita bisa saling tahu posisi awal dari masing-masing partai terkait perubahan UU Pemilu, misalnya,” ucap Arsul.

Selain Arsul, tampak hadir Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto, Wasekjen DPP Partai Golkar Christina Aryani, Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani, Sekjen PKB Hasanuddin Wahid, Wasekjen Partai Nasdem Hermawi Taslim, Sekjen Partai Demokrat Hinca IP Pandjaitan, Sekjen PKS Mustafa Kamal, dan Wasekjen PAN Ibnu Bilaludin.

Pertemuan Tito dan kesembilan sekjen atau yang mewakili berlangsung tertutup bagi awak media.



Sumber: Suara Pembaruan