Softbank Gelontorkan Dana Investasi Besar untuk Ibu Kota Baru

Softbank Gelontorkan Dana Investasi Besar untuk Ibu Kota Baru
CEO Grab Anthony Tan, Presiden Grab Indonesia Ridzki Kramadibrata, dan SoftBank Group Chairman and CEO Masayoshi Son mengadakan pertemuan dengan Presiden RI Joko Widodo di Istana Presiden, Jumat, 10 Januari 2020. ( Foto: Ist )
Ahmad Salman / AIS Jumat, 10 Januari 2020 | 20:58 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Presiden Joko Widodo menerima kunjungan CEO Softbank Masayoshi Son di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (10/1/2020) pagi. Pertemuan keduanya membahas rencana softbank berinvestasi dalam pembangunan Ibu Kota baru di Kalimantan Timur.

Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan mengungkapkan nilai investasi yang digelontorkan Softbank dalam jumlah besar dan diperkirakan mencapai US$ 100 miliar.

"Kita harus hitung rasionalitas angkanya, jadi nggak sekadar kita hanya terima uang. Tapi kita ingin dana itu betul-betul punya return yang baik," ucap Luhut.

Sementara Masayoshi menyatakan Jakarta sebagai Ibu Kota RI memiliki sejarah dan kesuksesan. Namun juga terdapat beberapa masalah di dalamnya.

Softbank tertarik dengan konsep Ibu Kota baru, baik teknologi, kota pintar, dan kota hijau sehingga akan berinvestasi dalam waktu dekat.

Sementara Presiden Jokowi juga menginformasikan kepada Masayoshi mengenai perbandingan Jakarta dengan Ibu Kota baru yang dibangun di Penajam Paser Utara - Kutai Kartanegara, Kaltim.



Sumber: BeritaSatu TV