Laporan Tahunan 2019 Mahkamah Konstitusi

Jokowi Kembali Tekankan Penyederhanaan Aturan

Jokowi Kembali Tekankan Penyederhanaan Aturan
Ketua Mahkamah Konstitusi Anwar Usman mendampingi Presiden Joko Widodo di Jakarta, Selasa, 28 Januari 2020. ( Foto: Antara )
Lenny Tristia Tambun / AB Selasa, 28 Januari 2020 | 13:00 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan untuk dapat mengimbangi perubahan dunia yang makin cepat, Indonesia harus mampu menyederhanakan aturan yang ada.

“Wajib memangkas kerumitan-kerumitan agar kita menjadi bangsa yang memiliki daya saing di tingkat dunia,” kata Jokowi saat memberikan sambutan dalam acara "Laporan Tahunan 2019 Mahkamah Konstitusi" di gedung MK, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Selasa (28/1/2020).

Konstitusi, lanjutnya, dibuat untuk mengatur hal-hal yang sangat fundamental, sehingga pemerintah memiliki kesempatan dan leluasa mengatur aturan di bawahnya untuk merespons perubahan zaman untuk memenangi kompetisi.

“Tetapi sering kali kita buat aturan turunan yang terlalu banyak, yang tidak konsisten, yang terlalu rigid, dan mengekang ruang gerak kita sendiri, dan menghambat kecepatan kita, menghambat dalam melangkah, dan mempersulit kita dalam memenangi kompetisi yang ada,” jelas Jokowi.

Pada kesempatan itu, Jokowi juga menyebutkan Undang-Undang Dasar (UUD) 1945 sebagai konstitusi tak mudah lekang oleh zaman, serta mengungkapkan tantangan bangsa Indonesia yang semakin komples karena dunia mengalami perubahan yang sangat cepat. 

"Kita harus membangun cara-cara kerja baru yang lebih cepat dan lebih efisien. Langkah kita juga harus lebih cepat dan lebih dinamis,” ujar Jokowi.



Sumber: BeritaSatu.com