Jokowi Enggan Komentari Pencopotan Dirjen Imigrasi

Jokowi Enggan Komentari Pencopotan Dirjen Imigrasi
Direktur Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM Irjen Pol (Purn) Ronny F Sompie ( Foto: istimewa )
Lenny Tristia Tambun / FMB Rabu, 29 Januari 2020 | 17:22 WIB

Cimahi, Beritasatu.com – Saat ditanya mengenai langkah Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna Laoly yang mencopot Ronny Sompie dari jabatan Dirjen Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM (Kemkumham), Presiden Joko Widodo (Jokowi) enggan berkomentar.

Ia meminta awak media menanyakan langsung persoalan itu langsung kepada Yasonna Laoly. "Tanyakan ke menteri hukum dan HAM," kata Jokowi di Puskesmas Cimahi Selatan, Kota Cimahi, Jawa Barat, Rabu (29/1/2020).

Seperti diketahui, Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly telah mencopot Ronny Sompie dari jabatan Dirjen Imigrasi Kemenkumham, Selasa siang tadi. Jabatan itu kini sementara diisi Irjen Kemenkum HAM Jhoni Ginting sebagai pelaksana tugas (plh). Yasonna Laoly menunjuk Plh Dirjen Imigrasi itu per Selasa siang (28/1/2020).

Pencopotan jabatan Ronny itu terkait adanya kesimpangsiuran informasi posisi buronan KPK, Harun Masiku yang ternyata sudah pulang dari Singapura ke Indonesia pada 7 Januari 2020 lalu.

"Plh itu irjen, dirsisdik kemigrasian juga (di-plh-kan) karena dia turut sangat menentukan kenapa itu sistem tidak berjalan dengan baik, mereka bertanggung jawab soal itu," kata Yasonna Laoly.



Sumber: BeritaSatu.com