100 Hari Kerja, Erick Tohir Dinilai Banyak Buat Terobosan

100 Hari Kerja, Erick Tohir Dinilai Banyak Buat Terobosan
Erick Thohir ( Foto: Suara Pembaruan / Ruht Semiono )
Hotman Siregar / FMB Jumat, 7 Februari 2020 | 11:22 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Salah satu menteri yang dinilai cukup banyak melakukan berbagai terobosan dalam 100 hari kerja pemerintahan Joko Widodo-Maruf Amin adalah Menteri BUMN Erick Tohir. Terobosan-terobosan Erick Tohir pun cukup positif.

"Erick memulai masa pemerintahan Jokowi-Maruf dengan suatu awal yang baik. Sebagai sebagai salah satu seorang menteri dalam kabinet yang mampu membuat terobosan-terobosan yang luar biasa," kata pengamat politik Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA, Adji Al Faraby di Jakarta Jumat (7/2/2020).

Menurut Adjie, kepercayaan publik pada Erick cukup baik. Tinggal sekarang bagaimana Erick terus melakukan berbagai terobosan di dalam BUMN. Sebab publik masih menantikan dan mengharapkan itu.

Misalnya, lanjut Adjie, adalah terobosan Ercik dalam melakukan pembersihan di Garuda. Erick juga tegas mengganti direksi lama dengan direksi baru

"Itu meningkatkan trust publik terhadap pemerintah, khususnya terhadap BUMN," ungkap Adjie.

Adjie percaya, publik masih terus mendukung Erick dalam melakukan pembersihan di semua BUMN. Termasuk mengganti para direksi dan komisaris yang dinilai menyimpang.

"Itu merupakan langkah yang strategis," ungkap Adjie.

Adjie juga menilai langkah Erick dalam mengangkat beberapa komisaris utama yang ditarik dari pihak luar cukup baik. Lebih-lebih orang yang diangkat itu memiliki rekam jejak yang bagus dan berintegritas.

"Misalnya Pak Ahok di Pertamina dan Chandra Hamzah di BTN. Itu kan punya sisi positif. Artinya memperbaiki citra BUMN kemudian meningkatkan trust publik terhadap BUMN dan seterusnya," demikian Adjie.



Sumber: Suara Pembaruan