Megawati: Peresmian Patung Soekarno di Akmil Sudah Dinanti-nanti Keluarga

Megawati: Peresmian Patung Soekarno di Akmil Sudah Dinanti-nanti Keluarga
Mantan Presiden RI Kelima Megawati Soekarnoputri meresmikan patung Proklamator sekaligus Presiden RI Pertama, Ir. Soekarno, yang terletak di hall utama Kompleks Akademi Militer (Akmil) Magelang di Mertoyudan, Magelang, Jawa Tengah, Jumat (7/2/2020). ( Foto: Beritasatu.com / Markus Junianto Sihaloho )
Markus Junianto Sihaloho / FMB Jumat, 7 Februari 2020 | 16:01 WIB

Magelang, Beritasatu.com - Mantan Presiden RI Kelima Megawati Soekarnoputri meresmikan patung Proklamator sekaligus Presiden RI Pertama, Ir. Soekarno, yang terletak di hall utama Kompleks Akademi Militer (Akmil) Magelang di Mertoyudan, Magelang, Jawa Tengah, Jumat (7/2/2020).

"Pada hari ini, Jumat 7 Februari 2020, prasasti dan patung presiden Indonesia kesatu Ir. Soekarno, saya nyatakan diresmikan," kata Megawati.

Acara itu dihadiri oleh jajaran pengurus DPP PDI Perjuangan (PDIP) Seperti Sekretaris Jenderal Hasto Kristiyanto dan Wasekjen Utut Adianto. Tampak juga sejumlah anggota dewan dari partai itu.

Hadir sejumlah pejabat negara seperti Ketua DPR Puan Maharani, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Kepala BIN Budi Gunawan, Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal (TNI) Andika Prakasa, Inspektur Jenderal TNI Letjen Muhammad Herindra, Pangdam IV Diponegoro Mayjen TNI Mochamad Effendi, dan Kapolda Jateng Irjen Rycko Amelza Dahniel.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo juga hadir bersama Gubernur Sulut Olly Dondokambey, serta para perwira TNI dan pejabat daerah lainnya. Tampak juga mantan Kepala BIN Jenderal TNI (Purn) AM. Hendropriyono.

Di hadapan hadirin, Megawati mengakui bahwa momen peresmian patung Soekarno itu sudah lama ditunggu-tunggu keluarga besarnya. Cucu-cucu Bung Karno sudah banyak yang bertanya-tanya.

"Sering menanyakan. Menurut cerita, katanya kakek mendirikan akademi militer. Tentu saya ditanya, 'ada tidak patungnya?' (Saya jawab, red) Tidak ada," ujar Megawati.

Dari situ, Megawati mengaku dirinya berpikir bahwa sebagai bangsa, kerap kali kita sendiri melupakan sejarah. Padahal di negara di manapun di dunia, sangat penting menunjukkan jati diri kita sebenarnya sebagai sebuah bangsa.

Kini, setelah menunggu kurang lebih dua bulan lalu, akhirnya patung Bung Karno segera diresmikan.

"Saya ucapkan banyak terima kasih sebesar-besarnya. Karena sebenarnya kepala keluarga besar Bung Karno itu adalah kakak saya, Pak Guntur Soekarnoputra yang pada hari ini menyerahkan tugas kepada saya," ujar Megawati.

"Terutama kepada Pak Dudung (Mayor Jenderal TNI Dudung Abdurachman), bukan hanya sebagai gubernur (akmil), kami keluarga besar Bung Karno mengucapkan beribu terima kasih atas dibuatnya patung Bung Karno, presiden pertama, proklamator, pahlawan nasional," tambah Megawati.

Di tengah guyuran hujan, para taruna Akademi Militer (Akmil) Magelang menggelar sebuah sosiodrama mengenai peran Bung Karno dalam sejarah perjuangan kemerdekaan serta pembentukan Akmil.

Pertunjukkan itu dilakukan sebagai bagian dari upacara peresmian patung Bung Karno, di Kompleks Akmil, Mertoyudan, Magelang, Jumat (7/2/2020). Soekarno adalah Proklamator RI serta presiden pertama yang membentuk dan meresmikan Akmil yang dahulu bernama Akademi Militer Nasional itu.

Semuanya tampak asyik mengikuti pertunjukan kolosal yang dilaksanakan di tengah hujan yang mengguyur Kota Magelang.

"Merdeka... merdeka," begitu teriakan rakyat dan tentara Indonesia kala Bung Karno membacakan keputusan untuk mengaktifkan Akmil Magelang itu.

Megawati dan para tamu bertepuk tangan ketika para taruna menyelesaikan sosiodrama itu. Acara kemudian dilanjutkan dengan acara peresmian patung Bung Karno.



Sumber: BeritaSatu.com