Pimpinan DPR Sebut Tak Mudah Bentuk Pansus Jiwasraya

Pimpinan DPR Sebut Tak Mudah Bentuk Pansus Jiwasraya
Azis Syamsuddin. ( Foto: Antara )
Hotman Siregar / JAS Senin, 10 Februari 2020 | 22:08 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Wakil Ketua DPR dari Fraksi Golkar Azis Syamsuddin menilai pembentukan panitia khusus (pansus) hak angket Jiwasraya seperti yang diusulkan Fraksi Partai Demokrat dan PKS tak mudah. Sehingga tidak ada jaminan bahwa pansus akan dibacakan dalam forum rapat paripurna terdekat.

"Prosesnya masih banyak yang harus dilewati," kata Azis di Jakarta, Senin (10/2/2020).

Azis memastikan proses usulan pembentukan pansus dua fraksi yakni Demokrat dan PKS telah diterima oleh Sekretariat Jenderal DPR. Selanjutnya akan diproses secara administrasi.

Materi usulan Pansus akan diagendakan dan dirapatkan di dalam Rapim untuk diputuskan di Bamus. Setelah itu usulan akan dibacakan di dalam Rapat Paripurna DPR sebagai forum pengambilan keputusan tertinggi.

"Jadi tidak ada jaminan pembentukan Pansus akan berjalan cepat dan mulus. Kita tidak bisa berasumsi lebih dulu," katanya.

Azis mengingatkan saat ini juga telah terbentuk Panja (Panitia Kerja) Jiwasraya di tingkat komisi-komisi di DPR. Panja itu terbagi di Komisi III, Komisi VI, dan Komisi XI yang bekerja untuk membahas masalah sama.

Sebagai Wakil Ketua DPR RI Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Korpolhukam), Azis terus memantau perkembangan masalah ini di parlemen. Azis menyampaikan, secara mekanisme sebenarnya tidak boleh ada tumpang tindih penanganan masalah.



Sumber: Suara Pembaruan