Kembali Jabat Ketum PAN, Ini Kata Zulkifli Hasan

Kembali Jabat Ketum PAN, Ini Kata Zulkifli Hasan
Ketua Umum PAN terpilih Zulkifli Hasan menyampaikan pidato kemenangan usai perhitungan suara hasil Kongres V PAN, Kendari, Sulawesi Tenggara, Selasa (11/2/2020). Zulkifli Hasan meminta kader PAN bersatu dibawa bendera partai. ( Foto: ANTARA FOTO / Jojon )
Carlos KY Paath / JAS Selasa, 11 Februari 2020 | 21:30 WIB

Kendari, Beritasatu.com – Zulkifli Hasan terpilih sebagai ketua umum (ketum) Partai Amanat Nasional (PAN) periode 2020-2025. Zulkifli meraih 331 suara, disusul Mulfachri Harahap 225 suara, dan Drajad Wibowo 6 suara, dan suara tidak sah 3 suara. Total seluruhnya 565 suara.

“Dengan mengucap Bismillahirrohmanirrohim, saudaraku Zulkifli Hasan ditetapkan menjadi ketua umum 2020-2025,” kata pimpinan sidang Totok Daryanto dalam Kongres V PAN di Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra), Selasa (11/2/2020).

Sementara itu, Zulkifli menyatakan kemenanganya merupakan awal perjuangan. “Susah senang sudah kita lewati. Hari ini baru awal perjuangan kita. Saudara-saudara, tentu ini kemenangan Partai Amanat Nasional,” ungkap Zulkifli dalam pidatonya.

Zulkifli mengajak segenap kader PAN untuk bersatu. Menurut mantan ketua MPR tersebut, dinamika di kongres merupakan hal biasa. Zulkifli menjelaskan pendiri PAN, Amien Rais, pernah mengibaratkan kongres seperti pertandingan smackdown (gulat).

“Pak Amien menyampaikan kepada kita dalam pertandingan smackdown, kata Pak Amien ada banting-bantingan. Tapi setelah itu ayo kita bersatu kembali. Bersama-sama membangun partai yang kita cintai. Ini kemenangan saudara-saudara, kemenangan DPD-DPD, DPW-DPW,” ujar Zulkifli.

Zulkifli pun menilai pesaingnya Mulfachri Harahap memang berwatak keras. Hanya saja, menurut Zulkifli, hati Mulfachri sangat baik. “Sahabat saya Mulfachri Harahap memang orangnya keras, tetapi hatinya baik,” ucap Zulkifli.

Pada kesempatan itu, Zulkifli menyampaikan permohonan maaf apabila terjadi gesekan dalam kongres. “Saya berharap kita merekat kembali, bersatu kembali, bersatu insyaallah PAN akan menjadi partai yang besar dan kuat,” tegas Zulkifli.

Zulkifli pun menyebut, “Hari ini tidak ada kubu-kubuan. Jadilah matahari, matahari selalu menyinari, matahari tidak pernah mengingkari janjinya.” 



Sumber: Suara Pembaruan