Panja Jiwasraya Akan Panggil OJK

Panja Jiwasraya Akan Panggil OJK
Kantor Pusat PT Asuransi Jiwasraya (Persero) di Jakarta. ( Foto: Antara / Dewa Wiguna )
Markus Junianto Sihaloho / FMB Kamis, 13 Februari 2020 | 14:19 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Panitia Kerja (Panja) gagal bayar Jiwasraya di Komisi III DPR berencana memanggil Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk mendalami sejauh mana lembaga itu membiarkan terjadinya kejahatan yang saat ini sedang diproses hukum oleh Kejaksaan Agung itu.

"Kami pasti akan panggil OJK. Kami panggil OJK nanti bukan dalam konteks urusan keuangan, tetapi kami mau lihat pengawasannya, kenapa sampai bisa terjadi tindak pidana ini," kata Ketua Panja, Herman Herry, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (13/2/2020).

Hari ini, Panja menggelar rapat perdana dengan memanggil pihak Kejaksaan Agung RI. Walau Komisi III memiliki concern pada isu hukum, OJK yang merupakan lembaga bidang keuangan tetap boleh dipanggil. Sebab, seperti disampaikan Herman Herry, pihaknya menduga terjadi pembiaran atas kejahatan di Jiwasraya yang akhirnya diproses secara hukum.

"Tahu (ada kejahatan, red) tetapi dibiarkan. Ini yang kami ingin tahu. Kalau itu betul yang terjadi, semua harus diproses hukum," tukas Herman Herry.

"Termasuk kemungkinan dugaan penyelewengan. Fokus kami adalah penegakan hukumnya," tandas pria asal NTT itu.



Sumber: BeritaSatu.com