Panja Jiwasraya Akan Mintai Keterangan PPATK

Panja Jiwasraya Akan Mintai Keterangan PPATK
Herman Herry. ( Foto: Antara )
Markus Junianto Sihaloho / FMB Kamis, 13 Februari 2020 | 14:25 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Panitia Kerja (Panja) kasus gagal bayar PT Asuransi Jiwasraya di Komisi III DPR akan menelusuri aliran dana para tersangka atau pihak terduga menyangkut pelaku kejahatan di perusahaan asuransi milik negara itu.

Ketua Panja Jiwasraya Komisi III, Herman Herry, mengungkapkan pihaknya tidak akan mencampuri urusan pencairan dana nasabah Jiwasraya di Kementerian BUMN. Karena fokusnya masalah hukum, Komisi III tidak ada urusan untuk masuk ke masalah itu.

Panja Komisi III mendorong upaya hukum demi mencari kembali dana nasabah yang diduga diselewengkan oleh para pelaku kejahatan.

"Kami ingin mengembalikan aset-aset yang sudah diambil, uang hasil kejahatan yang sudah disembunyikan. Jadi mungkin juga akan panggil PPATK (Pusat Pelaporan dan Analisa Transaksi Keuangan)," kata Herman Herry, Kamis (13/2/2020).

Menurut Herman Herry, penelusuran aset kejahatan ini perlu dilakukan jika ingin menarik kembali dana yang dicuri para pelaku kejahatan di Jiwasraya. Dana itu selanjutnya bisa ditarik kembali untuk dikelola oleh negara yang pada ujungnya demi membayar nasabah.

"Bahwa ada kebijakan pemerintah atau Menteri BUMN bahwa akan ada dana talangan, itu bukan urusan kami," kata Herman Herry.



Sumber: BeritaSatu.com