Prabowo Disebut Paling Populer dan Berkinerja Positif, Bukti Jokowi Tepat Pilih Menteri

Prabowo Disebut Paling Populer dan Berkinerja Positif, Bukti Jokowi Tepat Pilih Menteri
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto mengikuti rapat kerja bersama Komisi I DPR di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Senin (20/1/2020). (Foto: Suara Pembaruan / Ruht Semiono)
Carlos KY Paath / YS Senin, 17 Februari 2020 | 12:49 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) terbukti memilih figur yang tepat dalam kabinetnya. Hal itu menyusul hasil survei Indo Barometer terhadap kinerja Kabinet Indonesia Maju. Khususnya, Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto yang menjadi terpopuler.

"Kita senang kinerja Pak Prabowo bagus. Berarti Pak Jokowi pilih orang yang tepat di posisi yang tepat. Sejumlah kalangan kan awalnya sempat kritisi penunjukan Pak Prabowo menjadi menhan," kata politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Trimedya Pandjaitan di Kompleks Gedung Parlemen, Jakarta, Senin (17/2/2020).

Trimedya berharap bukan hanya sekali ini Prabowo dan jajaran kabinet lainnya mempunyai kinerja yang diapresiasi publik.

"Mudah-mudahan bukan sekali. Minimal sampai tahun keempat, karena biasanya kalau mau tahun keempat dan kelima, turbelensi politik tinggi," ucap anggota Komisi III DPR tersebut.

Menurut Trimedya, suksesnya kabinet juga tentu berdampak positif bagi Presiden Jokowi. "Kalau kabinet dianggap berhasil, Pak Jokowi yang punya nama, karena bukan kabinet Pak Prabowo, tapi Pak Jokowi. Kalau bagus pemerintahan ini, Pak Jokowi yang dipuji, kalau enggak bagus Pak Jokowi juga yang dihujat," ucap Trimedya.

Trimedya pun menyebutkan, "Semua anggota kabinet ada peran masing-masing. Pak Erick Thohir sebagai menteri BUMN (Badan Usaha Milik Negara) wajar populer, karena tugas dia berat membenahi BUMN. Pak Erick juga berani. Sementara Ibu Sri Mulyani (menteri keuangan), Menteri lama. Jangankan di dalam negeri, di luar negeri saja dia dikenal."

Di sisi lain, Trimedya menepis anggapan Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin jarang terlihat bekerja atau turun langsung ke masyarakat. Trimedya justru melihat Ma'ruf terus menjalankan kerjanya.

"Pak Ma'ruf kan jalan terus. Cuma bisa saja kurang terpublikasi. Enggak mungkin wapres di kantor terus. Jangan diragukan fisik beliau, kan orang kaitkan beliau sakit," kata Trimedya.

Diketahui, Prabowo unggul di kategori menteri populer dan berkinerja bagus. Survei Indo Barometer memakai metode multistage random sampling dengan 1.200 responden pada 9-15 Januari 2020. Teknik pengumpulan data berupa wawancara tatap muka menggunakan kuesioner dengan margin of error sebesar 2,83%.

"Prabowo Subianto jadi menteri paling dikenal publik, yakni sebesar 18,4%," ungkap Direktur Eksekutif Indo Barometer M Qodari di Jakarta, Minggu (16/2/2020).

Sri Mulyani berada di posisi kedua dengan persentase 10,6%, disusul Erick Tohir 8,2%, Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud Md 7,9%, serta Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Anwar Makarim 5,3%.

Pada kategori menteri yang dianggap kinerjanya paling bagus, Prabowo meraih 26,8%, Sri Mulyani 13,9%, Erick Thohir 12,6%, Mahfud Md 7,3%, dan Nadiem Makarim 5,2%.

Tingkat kepuasan publik atas kinerja Jokowi-Ma'ruf mencapai 70,1% masyarakat puas dan 27,4% tidak puas.

"Dalam 100 hari pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Amin, sebesar 70,1% publik puas atas kerja Presiden Joko Widodo. Sementara yang tidak puas 27,4%," ujar Qodari.