Survei Indobarometer: PDIP Berpeluang Cetak Hattrick

Survei Indobarometer: PDIP Berpeluang Cetak Hattrick
M Qodari. ( Foto: Antara )
Markus Junianto Sihaloho / FER Minggu, 23 Februari 2020 | 17:37 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - PDIP (Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan) tetap menjadi partai politik (parpol) yang paling banyak mendapat dukungan publik hingga saat ini.

Baca Juga: PDIP Usung Arif Sugiyanto di Pilbup Kebumen 2020

Sebanyak 24,8 persen responden memilih parpol besutan Megawati Soekarnoputri itu. Hal itu terungkap melalui hasil survei yang dilaksanakan lembaga Indobarometer yang diumumkan di Jakarta, Minggu (23/2/2020).

Direktur Eksekutif Indobarometer, M Qodari, menjelaskan, berdasarkan simulasi terhadap 16 nama parpol, dukungan publik terbesar didapatkan oleh PDIP dengan angka 24,8 persen. Berikutnya adalah Gerindra 14,8 persen, Golkar 8,1 persen, PKS 7,8 persen, PKB 5,6 persen.

Kemudian, Demokrat 5,5 persen, Nasdem 2,5 persen, PAN 2,4 persen, PPP 2,3 persen, Perindo 2,0 persen, PSI 0,8 persen, Hanura 0,4 persen, PBB 0,2 persen, Berkarya 0,1 persen, Garuda dan PKPI 0,0 persen.

Baca Juga: Paslon PDIP Wajib Konsolidasi

"Temuan mengenai pilihan partai politik, jadi kalau bicara pilihan partai politik per hari ini, yang paling tinggi masih PDI Perjuangan kemudian Gerindra dan ada Partai Golkar," kata Qodari.

"Jadi ada peluang bagi PDI Perjuangan katakanlah menang 3 kali berturut turut atau hattrick dan tentu saja kalau ini terjadi merupakan sejarah," tambahnya.

Menurut Qodari, melihat tren dan tantangannya, maka parpol baru akan lebih berat peluangnya ke depan. Apalagi dengan wacana meningkatnya angka parliamentary threshold.

"Kalau dulu itu tiap pemilu ada dua partai baru yang masuk DPR. Tahun 2014 itu cuma satu. 2019 bahkan nol, tidak satupun partai baru yang bisa masuk," tegas Qodari.



Sumber: BeritaSatu.com