Indobarometer: Prabowo Teratas di Survei Capres 2024, Anies Lawan Terberat

Indobarometer: Prabowo Teratas di Survei Capres 2024, Anies Lawan Terberat
Prabowo Subianto. ( Foto: Antara )
Markus Junianto Sihaloho / WBP Minggu, 23 Februari 2020 | 21:13 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Prabowo Subianto akan menjadi pemenang Pilpres 2024 bila dilaksanakan pada hari ini dengan Anies Baswedan sebagai lawan paling beratnya. Hal itu merupakan kesimpulan hasil riset Indobarometer yang dirilis di Jakarta, Minggu (23/2/2020).

Direktur Eksekutif Indobarometer M.Qodari menjelaskan berdasarkan simulasi head to head, capres 2024 Prabowo unggul dari Anies Baswedan yang paling tipis dibanding calon lain. "Prabowo Subianto unggul 41,4 persen jika head to head dengan Anies Baswedan yang memperoleh 23,3 persen," kata M.Qodari.

Jika lawannya adalah Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, maka keunggulan Prabowo meningkat hingga menjadi 41,4 persen. Kamil hanya memperoleh 17,8 persen. Jika lawannya adalah Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, maka Prabowo unggul 47,7 persen, berbanding 18,8 persen pemilih Ganjar.

Baca Juga: Dahnil Nilai Hasil Survei Indo Barometer Sebagai Cambuk

Jika lawannya Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Prabowo unggul 48 persen berbanding 17,1 persen. Melawan Puan Maharani, Prabowo mendapat 46,9 persen berbanding 13,9 persen. Lalu bila melawan Mendikbud Nadiem Makarim, Prabowo bahkan memperoleh 50,4 persen melawan 10,5 persen pemilih Nadiem. Jika melawan Menteri BUMN Erick Thohir, Prabowo unggul 49,3 persen berbanding 13 persen.

Baca Juga: Jokowi: Sandiaga Kandidat Capres 2024

Lawan paling mudah Prabowo adalah Ketua Umum Golkar yang juga Menko Perekonomian Airlangga Hartarto. Jika keduanya head to head, maka Prabowo unggul telak 50,9 persen berbanding 7,2 persen. "Dari simulasi dua nama di atas, tampak jika lawan terberat untuk Prabowo Subianto adalah Anies Baswedan. Sedangkan lawan Prabowo Subianto paling ringan adalah Airlangga Hartarto," kata Qodari.

Menurut hasil survei itu, hanya faktor Jokowi yang bisa mengalahkan Prabowo. Bila disimulasikan Jokowi dan Prabowo berlaga, maka Jokowi akan unggul dengan 41,2 persen berbanding 36,3 persen.



Sumber: BeritaSatu.com