Indobarometer: Prabowo Ungguli AHY, hingga Puan di Pilpres 2024

Indobarometer: Prabowo Ungguli AHY, hingga Puan di Pilpres 2024
Prabowo Subianto. ( Foto: Antara )
Markus Junianto Sihaloho / WBP Minggu, 23 Februari 2020 | 21:40 WIB

Jakarta, Beritasatu.com -Indobaromter menyebutkan jika para calon presiden (capres) 2024 hanya datang dari kalangan elite partai politik (parpol) nasional, maka Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto akan unggul dibanding elite politik lainnya. Termasuk Agus Harimurti Yudohoyono (AHY) dari Partai Demokrat (PD).

Hal itu sesuai hasil survei lembaga Indobarometer yang diumumkan di Jakarta, Minggu (23/2/2020). Menurut Direktur Eksekutif Indobarometer M.Qodari, nama-nama elite parpol itu di luar Surya Paloh yang diprediksi takkan maju sebagai capres di Pilpres 2024.

"Untuk liga tokoh partai minus Surya Paloh, dukungan publik terhadap calon presiden, Prabowo Subianto unggul dengan 38,3 persen. Lalu Agus Harimurty Yudhoyono dengan 16,4 persen," kata Qodari.

Selanjutnya adalah Puan Maharani dari PDI Perjuangan dengan 3,5 persen, Muhaimin Iskandar dari PKB (2,3 persen), Zulkifli Hasan dari PAN (1,2 persen), Airlangga Hartarto dari Golkar (1,1 persen), Sohibul Iman dari PKS (0,5 persen), Suharso Monoarfa dari PPP (0,3 persen).

Baca Juga: Capres dan Cawapres 2024 Harus Miliki Rekam Jejak

Indobarometer juga mensurvei nama-nama yang potensial dari Kabinet Indonesia Maju. Hasilnya, Prabowo Subianto sebagai Menteri Pertahanan juga kembali unggul dengan raihan 43,1 persen. Diikuti oleh Menko Polhukam Mahfud MD (6,9 persen), Menteri BUMN Erick Thohir (5,8 persen), Mendagri Tito Karnavian (2,7 persen), Mendikbud Nadiem Makarim (1,8 persen), Menko Perekonomian Airlangga Hartarto (1,7 persen), Kepala BIN Budi Gunawan (0,7 persen), Menteri Bappenas Suharso Monoarfa (0,1 persen).

Untuk kluster para calon kepala daerah, maka yang unggul adalah Gubernur Jakarta Anies Baswedan dengan 31,7 persen, diikuti oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Prabowo (11,8 persen). Lalu Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini (9,9 persen), Gubernur Jawa Barat Mochamad Ridwan Kamil (8,2 persen), Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa (5,6 persen), dan Gubernur Sulses Nurdin Abdullah (0,8 persen).

Baca Juga: AHY Persiapkan Diri untuk Pilpres 2024

Untuk liga kursi DPR, kembali Prabowo Subianto unggul dengan 37,3 persen, diikuti oleh Anies Baswedan dengan 20,2 persen, Puan Maharani dengan 5,3 persen, dan Airlangga Hartarto dengan 3,1 persen.

Survei Nasional ini dilaksanakan pada 9-15 Januari 2020. Metode yang digunakan adalah multistage random sampling dengan 1200 responden. Margin of error sebesar plus minus 2,83 persen, pada tingkat kepercayaan 95 persen. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara tatap muka responden menggunakan kuesioner. Responden survei adalah warga negara Indonesia yang sudah mempunyai hak pilih berdasarkan peraturan yang berlaku. Yaitu warga yang minimal berusia 17 tahun atau lebih, atau sudah menikah pada saat survei dilakukan.



Sumber: BeritaSatu.com