Jelang Kunjungan Pimpinan MPR, DPR, dan DPD ke Papua, Menko Polhukam Pastikan Situasi Kondusif

Jelang Kunjungan Pimpinan MPR, DPR, dan DPD ke Papua, Menko Polhukam Pastikan Situasi Kondusif
Mahfud MD (Foto: BeritaSatu Photo / Uthan AR)
Carlos KY Paath / WM Senin, 24 Februari 2020 | 16:38 WIB

 

Jakarta, Beritasatu.com - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menegaskan, situasi di Papua dan Papua Barat dalam keadaan kondusif. Mahfud telah menyampaikan langsung hal itu kepada pimpinan MPR.

"Ya sudah kondusif. Tadi laporan kesiapan dari daerah dari semua birokrasi kondusif, bagus," kata Mahfud, di Kompleks Gedung Parlemen, Jakarta, Senin (24/2/2020).

Mahfud menyatakan, rapat tidak membahas mengenai masyarakat yang masih mengungsi di Papua. Melainkan terkait rencana kunjungan kerja ketua MPR, ketua DPR, dan ketua DPD ke Papua.

"Soal persiapan PON dan lain-lain. Jadi kita koordinasi saling memberi tukar informasi," ucap Mahfud.

Sebelumnya, Ketua MPR Bambang Soesatyo menyebut persiapan PON di Papua memang menjadi salah satu topik pembahasan.

"Kami ingin mendapat laporan terkait keamanan politik dan sosial. Kami pimpinan MPR, DPR, dan DPD akan berkunjung ke Papua tanggal 2 Maret sampai tanggal 5 untuk memastikan masalah keamanan, karena kami mendengar laporan tentang keamanan," kata Bambang.

Menurut Bambang, cukup banyak persoalan yang muncul dan berkembang di Papua belakangan ini.

"Masalah ini kan jadi sudah sejak 50 tahun lalu, sejak Papua berintegrasi dengan Indonesia. Nah ini, hari ini mulai periode kepemimpinan Presiden, ada terus masalah yang timbul di Papua. Kami ingin ada jalan keluar secara permanen untuk Papua yang berkeadilan," tegas Bambang.



Sumber: BeritaSatu.com