Puan Lantik 3 Anggota DPR Baru Pengganti Yasonna, Juliary, dan Johnny Plate

Puan Lantik 3 Anggota DPR Baru Pengganti Yasonna, Juliary, dan Johnny Plate
Ilustrasi Sidang Paripurna DPR ( Foto: Suara Pembaruan / Ruht Semiono )
Markus Junianto Sihaloho / WM Kamis, 27 Februari 2020 | 12:08 WIB

 

 

Jakarta, Beritasatu.com - Ketua DPR Puan Maharani melantik tiga anggota DPR sebagai pengganti antar waktu (PAW) terhadap tiga orang menteri kabinet yang dahulu merupakan anggota dewan terpilih periode 2019-2024.

Mereka adalah H Irmadi Lubis, caleg PDI Perjuangan (PDIP) dari daerah pemilihan (dapil) Sumatera Utara I, menggantikan Yasonna H Laoly yang diangkat Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai Menteri Hukum dan HAM.

Kedua adalah Tuti N Roosdiono, caleg PDIP dari dapil Jawa Tengah I, menggantikan Juliary Batubara yang diangkat Presiden Jokowi sebagai Menteri Sosial RI.

Ketiga adalah Juli Sutrisno, caleg Partai Nasdem dari dapil Nusa Tenggara Timur I, menggantikan Johnny G Plate, yang diangkat Presiden Jokowi sebagai Menteri Komunikasi dan Informatika.

Sebelum dilantik di dalam rapat paripurna, di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis (27/2/2020), terlebih dahulu dibacakan Keputusan Presiden RI bernomor 15/P/2020 dan 16/P/2020 tentang pergantian anggota DPR dan MPR sisa masa jabatan 2019-2024. Substansinya memutuskan peresmian pengangkatan antar waktu anggota DPR dan MPR sisa masa jabatan tersebut.

Selanjutnya, Ketua DPR Puan Maharani didampingi oleh pimpinan DPR lainnya membacakan sumpah yang diikuti oleh para anggota dewan yang baru. Setelah membaca sumpah, mereka bertiga diminta menandatanganinya.

Ketiganya resmi dilantik, dan Puan bersama pimpinan DPR menyalami sekaligus menyelamati ketiga anggota dewan baru itu.



Sumber: BeritaSatu.com