Puan Sebut 5 Alternatif Keserentakan Pemilu Akan Dibahas

Puan Sebut 5 Alternatif Keserentakan Pemilu Akan Dibahas
Puan Maharani. ( Foto: Suara Pembaruan / Joanito De Saojoao )
Carlos KY Paath / FER Kamis, 27 Februari 2020 | 19:45 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Pemerintah dan DPR akan membahas lima alternatif keserentakan pemilu sebagaimana putusan Mahkamah Konstitusi (MK). Pilihan yang diambil nanti dipastikan yang terbaik bagi kehidupan demokrasi di Indonesia.

Baca: Ketua DPR Minta Pemerintah Cermati Virus Covid-19

"Mana yang terbaik dan apa yang akan dipilih, tentu nanti ada pembahasan mendalam antara pemerintah dan DPR,” kata Ketua DPR, Puan Maharani, di Kompleks Gedung Parlemen, Jakarta, Kamis (27/2/2020).

Menurut Puan, sejumlah pihak tentu mengharapkan dampak negatif keserentakan Pemilu 2019 tidak terulang. Misalnya terkait meninggalnya ratusan petugas kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS).

"Kami tentu mengapresiasi putusan ini. Meski final and binding (mengikat). Tapi ada varian-varian yang menjadi alternatif, sehingga yang kemarin terjadi secara negatif seperti ada korban, petugas bekerja terus menerus hingga kelelahan, tidak terulang di 2024,” ungkap Puan.

Baca: Puan Berharap Tak Ada Kegaduhan Soal RUU Ciptaker

Puan menambahkan keputusan yang diambil pemerintah dan DPR tentunya tidak merugikan rakyat. "Bermanfaat bagi rakyat dan tentu saja proses demokrasi partai politik itu tidak berjalan sendiri-sendiri, tapi jadi satu keputusan yang bermanfaat juga bagi partai politik,” ucap Puan.



Sumber: BeritaSatu.com