PAN dan Nasdem Sepakat Perlu Perbaikan pada Sistem Pemilu

PAN dan Nasdem Sepakat Perlu Perbaikan pada Sistem Pemilu
Ketua Umum DPP Partai Nasdem Surya Paloh (kedua dari kanan) bertemu dengan Ketua Umum DPP PAN Zulkifli Hasan (kedua dari kiri) didampingi dua mantan ketua umum PAN Soetrisno Bachir (kiri) dan Hatta Rajasa (kanan) di Jakarta, Selasa, 10 Maret 2020. (Foto: Istimewa)
Asni Ovier / AO Selasa, 10 Maret 2020 | 14:48 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Nasdem sepakat tentang perlunya perbaikan dalam sistem pemiliha umum (pemilu) di Indonesia. Oleh karena itu, kedua partai memandang perlu ada pembahasan terkai pelaksanaan pemilihan anggota legislatif (pileg) dan pemilihan presiden (pilpres) secara serentak.

Hal ini menjadi pembahasan utama saat Ketua Umum DPP PAN terpilih Zulkifli Hasan bertemu Ketua Umum DPP Partai Nasdem Surya Paloh di kantor DPP Nasdem, Gondangdia, Jakarta, Selasa (10/3/2020). Zulkifli Hasan juga mengatakan, maksud kedatangannya untuk menyampaikan undangan pelantikan pengurus DPP PAN Periode 2020-2025 yang akan dilaksanakan pada 25 Maret mendatang.

"Kami hadir untuk mengundang Ketua Umum Partai Nasdem, Bang Surya Paloh dan Sekjen untuk hadir dalam pelantikan pengurus DPP PAN pada 25 Maret, yang insyaallah juga akan dihadiri Presiden Joko Widodo," ujar Zulkifli.

Dikatakan, selain masalah undangan pelantikan pengurus, salah satu isu utama yang dibahas adalah mengenai UU Pemilu, khususnya mengenai pelaksanaan pileg dan pilpres serentak

"Tentu banyak hal yang harus disempurnakan dalam pemilu kita, khususnya mengenai beban penyelenggara pemilu yang berat sehingga banyak yang meninggal. Karena itu, kami mencari jalan keluar bersama agar pemilu kita lebih baik dan lebih demokratis," ujarnya.

Wakil Ketua MPR itu juga menjelaskan bahwa pertemuan dengan Surya Paloh ini adalah rangkaian silaturahmi untuk stabilitas Indonesia dan saling menguatkan dalam kerangka "Merah Putih". "Kami berterima kasih pada Bang Surya dan jajaran DPP Partai Nasdem yang sudah hadir menerima dan memberikan waktu bagi kami untuk hadir," kata Zulkifli.

Sementara, Surya Paloh mengucapkan selamat atas keberhasilan Kongres PAN. Menurutnya, PAN berhasil menyelenggarakan pemilihan yang demokratis dan menghindari kemelut. "Pertemuam kali ini untuk mempererat silaturahmi antara kedua partai sekaligus langkah langkah menuju persatuan Indonesia yang lebih kuat lagi," ujar Surya Paloh.

Dalam pertemuan itu,Zulkifli Hasan didampingi Ketua MPP PAN Hatta Rajasa, Ketua Dewan Kehormatan Soetrisno Bachir, Sekjen Eddy Soeparno, beserta Ketua Ketua DPP PAN Totok Daryanto, Yandri Susanto, Viva Yoga Mauladi, dan Widi Aswindi.



Sumber: BeritaSatu.com