Antisipasi Dampak Corona, Banggar Dukung Jokowi Terbitkan 3 Perppu

Antisipasi Dampak Corona, Banggar Dukung Jokowi Terbitkan 3 Perppu
MH Said Abdullah ( Foto: Istimewa )
Alexander Madji / AMA Rabu, 25 Maret 2020 | 17:24 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Badan Anggaran (Banggar) DPR mendukung Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerbitkan tiga Peraturan Pemerintah Pengganti Undang Undang (Perppu) guna mengantisipasi dampak ekonomi akibat Covid-19.

Ketiga Perppu itu adalah Perppu APBN 2020, Perppu terhadap Undang Undang Pajak Penghasilan, dan Perppu revisi Undang Undang No 17 tahun 2003 tentang Keuangan Negara.

Ketua Banggar DPR dari Fraksi PDI Perjuangan, Said Abdullah mengatakan, Perppu dibutuhkan oleh pemerintah untuk menyesuaikan kembali APBN 2020 dengan kondisi yang sedang dialami saat ini dan beberapa bulan ke depan.

“Saya kira, Presiden segera menerbitkan Perppu mengingat tidak dimungkinkannya dilaksanakannya Rapat Paripurna DPR RI dalam waktu dekat, sebagai konsekuensi kebijakan social distance,” ujar Said Abdullah dalam pernyataan tertulis yang diterima Beritasatu.com di Jakarta, Rabu (25/3/2020).

Menurutnya, Perppu diperlukan mengingat eskalasi penderita Covid-19 di Indonesia terus meningkat. “Meningkatnya jumlah penderita Covid-19 di Indonesia dengan rasio kematian tertinggi ini direspon sangat negatif oleh pelaku pelaku ekonomi,” terangnya.

Indikasinya, jelas Said, transaksi di pasar keuangan, nilai tukar rupiah jatuh ke posisi Rp 16.000 hingga Rp 16.273. Sementara patokan asumsi makro APBN 2020 terhadap kurs rupiah sebesar Rp 14.400 per dolar Amerika Serikat. “Jadi, pemerintah harus memberikan respons cepat, terutama yang menyangkut fiskal dan moneter,” terangnya.

Menurutnya, sektor riil juga tidak kalah terpukul. Beberapa harga kebutuhan pokok rakyat juga naik signifikan, seperti; gula, dan daging. Bahkan terjadi kelangkaan stok masker, dan hand sanitizer.

Jika kondisi ini eskalatif, kemungkinan besar tingkat inflasi yang di patok pada APBN 2020 sebesar 3,1% juga sulit tercapai.



Sumber: BeritaSatu.com