PAN Dorong Pusat Segera Putuskan Status Karantina Wilayah

PAN Dorong Pusat Segera Putuskan Status Karantina Wilayah
Ilustrasi pasien yang diduga terinfeksi virus "corona". ( Foto: Antara )
Markus Junianto Sihaloho / WBP Minggu, 29 Maret 2020 | 09:26 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) di DPR meminta agar pemerintah pusat segera menerbitkan Peraturan Pemerintah (PP) sebagai landasan pelaksanaan Karantina Wilayah sesuai yang diatur dalam Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan.

Wakil Ketua Fraksi PAN, Saleh Partaonan Daulay, mengatakan sejumlah pemerintah daerah (pemda) sudah menjaga perbatasannya wilayahnya dari orang keluar masuk. Karantina wilayah demi mencegah semakin menyebarnya virus corona (covid-19).

Menurut Saleh, sebenarnya UU 6/2018 sudah mengatur soal kewenangan pemerintah melaksanakan karantina wilayah. Namun secara teknis hal itu belum diatur. "Diperlukan aturan yang lebih operasional dalam bentuk PP. Inilah yang kami harapkan secepatnya diterbitkan," kata Saleh, Minggu (29/3/2020).

Baca juga: PPP Dorong PP Karantina Wilayah Segera Diselesaikan

Dia berharap bahwa PP bisa terbit dalam beberapa hari ke depan. "Dengan begitu, kita bisa melangkah lebih maju dalam mengatasi virus corona yang semakin mengancam ini," tegas Saleh.

Hal senada disampaikan Anggota Komisi IX DPR dari Fraksi PAN, Intan Fitriana Fauzi, yang menyatakan sudah bukan saatnya lagi pemerintah sekedar menyarankan rakyat mencegah dengan hidup bersih dan sehat. Namun harus memutus mata rantai penyebaran virus covid-19. "Kita punya landasan hukum lengkap kok. Kita punya UU 6/2018, tahapannya kalau kita baca itu semuanya jelas," kata Intan.

Baca juga: Cegah Penyebaran Corona, Anies Kaji Opsi Karantina Wilayah

Dia mengatakan, lockdown adalah karantinaan wilayah. "Itu sudah diatur. Tentu pelaksanaannya diatur lebih lanjut lewat Peraturan Pemerintah," tambahnya.

Menurut Intan, semuanya tinggal menunggu political will pemerintah dalam mengambil keputusan karantina wilayah.



Sumber: BeritaSatu.com