Logo BeritaSatu

DPR Diharapkan Sehati dengan Pemerintah Tangani Virus Corona

Minggu, 29 Maret 2020 | 19:19 WIB
Oleh : Carlos KY Paath / FMB

Jakarta, Beritasatu.com – Masa Sidang DPR akan dibuka pada Senin (30/3/2020). Saat melaksanakan fungsinya nanti, DPR diharapkan dapat mendukung pemerintah dalam menangani wabah virus corona jenis baru atau Covid-19.

“Peran, tugas dan kewenangan DPR mesti diarahkan pada upaya penanganan Covid-19 oleh pemerintah. DPR jangan biarkan pemerintah bekerja sendiri atau menjadi penonton dan melontarkan kritik,” kata Peneliti Forum Masyarakat Peduli Parlemen (Formappi) Lucius kepada Beritasatu.com, Minggu (29/3/2020).

Menurut Lucius, seluruh fraksi dan anggota DPR sepatutnya menunjukkan kualitas sebagai wakil rakyat. Sebab diketahui bersama, lanjut Lucius, pandemi Covid-19 begitu masif menyebar di daerah-daerah. Lucius menyatakan persoalan penanganan Covid-19 tidak pernah dapat lepas dari perhatian DPR.

“Saya menduga lemahnya pemerintah tangani Covid-19, karena dukungan politik tidak ada. Ini yang diperlukan dari DPR di masa sidang. Mencari solusi terbaik untuk mendukung kerja-kerja pemerintah dalam penanganan Covid-19,” tegas Lucius.

Lucius mengatakan, DPR bisa memikirkan untuk realokasi anggaran maupun mengubah Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) 2020 bersama pemerintah. Tujuannya untuk memastikan tidak ada lagi hambatan keterbatasan anggaran dari pemerintah menangani Covid-19. “DPR harus bisa tunjukkan keberpihakan mereka terhadap masalah rakyat saat ini,” tegas Lucius.

Di sisi lain, saat menjalankan rapat-rapat komisi dan paripurna, menurut Lucius, DPR sepatutnya mempertimbangkan situasi dan kondisi. Pasalnya pemerintah mengingatkan pentingnya physical distancing atau pembatasan jarak fisik antarmasyarakat. Lucius menilai DPR perlu memberikan contoh physical distancing tersebut.

“Sekarang ini kan kita dituntut physical distancing, nah DPR harus dapat beri contoh. Kemajuan teknologi perlu dimanfaatkan secara optimal agar rapat tidak harus hadir secara fisik. Sebab potensi penularan Covid-19 ketika orang berkumpul di satu ruangan dalam jumlah cukup banyak itu sangat tingi,” kata Lucius.

Sebelumnya, Ketua DPR Puan Maharani menegaskan fungsi DPR harus terus berjalan meski dalam kondisi darurat pandemi Covid-19. “DPR mendengar aspirasi rakyat agar segera menghadirkan solusi atas penyebaran Covid-19. Kami di DPR akan bekerja sesuai fungsi dan wewenang kami untuk membantu pemerintah menghadirkan solusi untuk rakyat,” tegas Puan.

Sementara itu, Sekretaris Fraksi Partai Persatuan Pembangunan Achmad Baidowi mengatakan, jarak duduk anggota DPR ketika rapat paripurna dan komisi harus dibatasi. “Minimal satu meter dan bisa juga menggunakan kursi-kursi balkon jika kurang,” kata Baidowi seraya menilai beberapa wakil rakyat lainnya dapat mengikuti rapat virtual dari rumah masing-masing.

Wakil Ketua DPR Azis Syamsudin mengatakan, Masa Sidang III DPR akan berlangsung pada 30 Maret-12 Mei 2020. Menurut Azis, pembukaan masa sidang dijadwalkan berlangsung pukul 14.00 WIB di Ruang Paripurna, Kompleks Gedung Parlemen, Jakarta. Azis menegaskan, paripurna tidak akan mengambil keputusan.

Azis menambahkan, legislator dapat datang secara fisik maupun hadir melalui telekonferensi. “Anggota yang datang secara fisik harus memakai pin DPR, Lewat pintu depan Bank Mandiri dan disemprot disinfektan dulu, Rapat akan dilaksanakan dengan prinsip physical distancing. Tempat duduk berjarak duakursi,” tegas Azis.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

TAG: 
BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Mantan Panglima OPM Minta Lukas Enembe Penuhi Pemeriksaan KPK

Mantan Panglima OPM Lambert Pekikir menyorot mangkirnya Gubernur Papua Lukas Enembe dari pemeriksaan KPK.

NEWS | 27 September 2022

Puan Minta Ahmadi Noor Supit Buat Gebrakan Tingkatkan Kinerja BPK

Ketua DPR, Puan Maharani berharap anggota BPK terpilih, Ahmadi Noor Supit membuat gebrakan untuk meningkatkan kinerja BPK dalam mencegah kerugian negara.

NEWS | 27 September 2022

KLHK Proses 1.308 Kasus Pencemaran Lingkungan Hidup ke Pengadilan

KLHK telah memproses 1.308 kasus pencemaran lingkungan hidup baik pidana dan perdata hingga ke pengadilan dalam beberapa tahun terakhir.

NEWS | 27 September 2022

KPU Tak Perpanjang Masa Perbaikan Dokumen Parpol

KPU memastikan tidak akan memperpanjang waktu perbaikan dokumen pendaftaran partai politik (parpol) calon peserta Pemilu 2024

NEWS | 27 September 2022

Keluarga Yakin Mahsa Amini Disiksa Polisi Susila Iran sebelum Tewas

Keluarga Mahsa Amini yang meninggal dalam tahanan Iran meyakini, wanita berusia 22 tahun itu meninggal setelah mendapat penyiksaan dari polisi susila.

NEWS | 27 September 2022

1,6 Juta Guru Belum Terima Tunjangan karena Terkendala Aturan Kemendikbudristek

Sebanyak 1,6 juta guru yang belum mendapat tunjangan profesi guru karena terkendala persyaratan yang dibuat Kemendikbudristek.

NEWS | 27 September 2022

Cegah Banjir, DKI Keruk Lumpur Sungai Serentak di 5 Wilayah

Dinas SDA DKI mengeruk sedimen lumpur dan sampah di sejumlah sungai dan waduk serentak di lima wilayah Jakarta sebagai upaya mencegah banjir

NEWS | 27 September 2022

Jakarta Innovation Days, Ajang DKI Unjuk Gigi Capaian Kinerja

Jakarta Innovation Days menjadi ajang DKI untuk memublikasikan capaian program kerja yang telah dikerjakan dalam waktu lima tahun ke belakang

NEWS | 27 September 2022

DPRD Ingin Kajian Trem Kota Bogor Sesuai Tata Ruang

DPRD mendesak Pemkot Bogor untuk lebih mematangkan kembali soal kajian rencana strategi transportasi di Kota Bogor, terkait pembangunan trem

NEWS | 27 September 2022

Putri Bungsu Mantan PM Thailand Thaksin Unggul di Jajak Pendapat

Putri bungsu mantan PM Thailand Thaksin Shinawatra, telah muncul sebagai calon utama perdana menteri dalam jajak pendapat.

NEWS | 27 September 2022


TAG POPULER

# Kevin Sanjaya


# Surplus APBN


# Kompor Listrik


# AKBP Arif Rachman


# Lukas Enembe


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Mantan Panglima OPM Minta Lukas Enembe Penuhi Pemeriksaan KPK

Mantan Panglima OPM Minta Lukas Enembe Penuhi Pemeriksaan KPK

NEWS | 14 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings