Jokowi Minta Kepala Daerah Perketat Pengawasan Pemudik

Jokowi Minta Kepala Daerah Perketat Pengawasan Pemudik
Joko Widodo. ( Foto: Antara / Hafidz Mubarak A )
Lenny Tristia Tambun / AO Senin, 30 Maret 2020 | 13:04 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Untuk mengantisipasi warga yang sudah terlanjut mudik, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta kepala daerah memperketat pengawasan terhadap pemudik yang datang ke daerah masing-masing.

"Warga yang udah terlanjur mudik, saya minta gubernur, bupati, dan wali kota untuk meningkatkan pengawasan. Pengawasan di wilayah masing-masing sangat penting," kata Jokowi saat membuka rapat terbatas (ratas) yang membahas antisipasi mudik lebaran dari Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Senin (30/3/2020).

Presiden mengaku telah menerima laporan dari Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Gubernur DI Yogyakarta (DIY) Sri Sultan Hamengku Buwono X bahwa mereka telah menerapkan protokol kesehatan yang ketat, baik di desa maupun kelurahan bagi para pemudik yang datang.

"Saya sudah menerima laporan dari Gubernur Jawa Tengah dan Gubernur DIY bahwa di provinsi mereka sudah menerapkan protokol kesehatan yang ketat, baik di desa maupun keluruhan bagi para pemudik. Ini saya kira insiatif yg bagus," terang Jokowi.

Tetapi, Jokowi mengingatkan agar pengawasan yang ketat dengan menerapkan protokol kesehatan harus tetap dilakukan secara terukur. Jangan sampai menimbulkan langkah penyaringan yang berlebihan terhadap pemudik. "Saya juga mengingatkan agar dilakukan secara terukur. Jangan sampai menimbulkan langkah-langkah penyaringan yang berlebihan bagi pemudik yang terlanjur mudik," ujar Jokowi.

Ia meminta protokol kesehatan dapat diterapkan dengan baik, sehingga dapat memastikan kesehatan para pemudik dapat memberikan keselamatan bagi warga yang ada di kampung halaman mereka.

 



Sumber: BeritaSatu.com