Presiden Jokowi Ingatkan Kepala Daerah Tidak Buat “Acara Sendiri” Tangani Covid-19

Presiden Jokowi Ingatkan Kepala Daerah Tidak Buat “Acara Sendiri” Tangani Covid-19
Presiden Joko Widodo (kedua kiri), didampingi Kepala BNPB Doni Monardo (kanan), Menteri PUPR Basuki Hadimuljono (kiri) serta Dirjen Cipta Karya Kementerian PUPR Danis H Sumadilaga memberikan keterangan pers saat meninjau Rumah Sakit Darurat Penanganan COVID-19 di Pulau Galang, Batam, Kepulauan Riau, Rabu, 1 April 2020. (Foto: ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)
Novy Lumanauw / Lenny Tristia Tambun / CAH Rabu, 1 April 2020 | 16:34 WIB

Pulau Galang, Beritasatu.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan para kepala daerah tetap berada dalam satu garis visi yang sama dengan pemerintah pusat dalam penanganan corona (Covid-19) di Tanah Air.

“Jangan membuat acara sendiri-sendiri sehingga kita dalam berpemerintahan juga berada dalam satu garis visi yang sama,” kata Presiden Jokowi saat meninjau Rumah Sakit Darurat Pulau Galang, Kepulauan Riau, Rabu (1/4/2020).

Ia menegaskan, pemerintah harus bekerja berdasarkan aturan UU yang ada. “Kita bekerja karena amanat konstitusi, pegangannya itu saja. Kalau ada UU mengenai kekarantinaan kesehatan, ya itu yang dipakai," lanjutnya. 

Menurut Presiden Jokowi, hal terpenting adalah bagaimana kerja sama pemerintah pusat sampai pemerintah daerah yang paling bawah, dari yang paling bawah hingga paling atas.

Baca Juga: Jokowi Pastikan Tidak Ada Kebijakan Berbeda dalam Penanganan Covid-19

“Dari yang paling atas presiden sampai nanti kepala desa karena ini menyangkut orang yang mudik,” katanya.

Ia menyebutkan, di tingkat desa, para kepala desa wajib melakukan mekanisme isolasi mandiri meski hanya untuk 1 atau 2 orang.

“Bisa menyelenggarakan itu, tapi juga di desa mampu menyiapkan jaring pengaman sosial, perlindungan sosial, bansos bagi mereka sehingga memang ini bekerja dari pucuk paling atas sampai paling bawah. Pegangannya satu, yaitu undang-undang,” kata Presiden Jokowi. 

Baca JugaPembangunan RS Darurat di Pulau Galang Hampir Selesai

Menurut Jokowi, yang terpenting adalah bagaimana kerja sama antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah hingga tingkat paling bawah dapat berjalan dengan baik berdasarkan satu aturan, yakni PP No 21/2020.

"Ini penting karena menyangkut yang mudik, yang di desanya mestinya ada isolasi mandiri, kepala desa bisa selenggarakan itu mesti 1 sampai 2 orang. Tetapi juga di desa mampu menyiapkan jaring pengaman sosial, perlindungan sosial. Jadi ini bekerja dari pucuk teratas sampai terbawah. Pegangannya satu, Undang-undang," tambah Jokowi.



Sumber: BeritaSatu.com