Setiap Keluarga Mampu Bisa Bantu Tetangganya yang Terdampak Corona

Setiap Keluarga Mampu Bisa Bantu Tetangganya yang Terdampak Corona
Ilustrasi virus "corona". (Foto: Antara)
Markus Junianto Sihaloho / FMB Minggu, 5 April 2020 | 06:59 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Anggota Komisi IX DPR, Saleh Partaonan Daulay, menyatakan pihaknya berharap agar masyarakat yang memiliki kelebihan sumber ekonomi untuk berbagi dengan anggota masyarakat yang kekurangan. Satu keluarga mampu bisa membantu minimal tiga keluarga di sekitarnya.

Hal itu penting dilaksanakan demi mengatasi dampak pandemi virus corona (Covid-19).

"Dalam situasi seperti ini, seluruh masyarakat diharapkan dapat bergotong-royong dan saling tolong menolong. Tindakan itu adalah kearifan bangsa Indonesia yang masih dipraktikkan hingga saat ini. Gotong royong selalu kontekstual dalam setiap momentum kehidupan sosial," ujar Saleh Daulay, Jumat (4/4/2020) malam.

Menurut dia, dalam menghadapi pandemi virus corona, ada banyak kelompok masyarakat yang merasakan dampaknya. Selain potensi PHK, ada juga mereka yang bekerja harian saat ini kesulitan bahkan untuk menutupi kebutuhan harian. "Jika mereka dirumahkan, tentu itu akan berimplikasi pada kehidupan mereka sehari-hari," imbuhnya.

"Maka bagi mereka yang berkelebihan, tentu sangat dianjurkan untuk menyisihkan sebagian rezekinya untuk membantu keluarga tidak mampu. Bisa saja, satu keluarga mampu membantu dua atau tiga keluarga mampu di sekitarnya. Setidaknya, itu dilakukan selama merebaknya virus corona," ulas Saleh.

Menurut Politikus PAN itu, kalau semua bergotong-royong seperti itu, tentu sangat meringankan beban mereka yang membutuhkan. "Ini tentu tidak mudah. Tetapi kalau digalakkan, tentu ini bisa menjadi gerakan sosial," tukasnya.

Menurut dia, ada banyak bentuk kegotong-royongan yang bisa diterapkan. Misalnya, gotong-royong membantu orang sakit, membantu mengedukasi masyarakat, dan bisa juga bergotong-royong membantu masyarakat kecil yang membutuhkan.



Sumber: BeritaSatu.com