DPR Minta Pemda Bodetabek Segera Ajukan PSBB

DPR Minta Pemda Bodetabek Segera Ajukan PSBB
Personel Dishub Kota Bekasi memantau arus lalin di gerbang tol Bekasi Barat, Rabu (8/4/2020) saat persiapan PSBB di DKI Jakarta. ( Foto: ist )
Markus Junianto Sihaloho / WM Rabu, 8 April 2020 | 19:28 WIB

 

Jakarta, Beritasatu.com - Anggota Komisi IX DPR Kurniasih Mufidawati meminta agar Pemerintah Daerah (Pemda) Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Bodetabek) agar segera mengajukan permintaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Dan Kementerian Kesehatan didesak supaya tak menahan permintaan itu.

Menurut Kurniasih, Jakarta sudah mengajukan PSBB dan sudah disetujui oleh pusat. Masalahnya, kondisi di Jakarta tak bisa dilepaskan dari wilayah Bodetabek sebagai penyangga. Maka diharapnya pemda di Bodetabek wajib segera mengikutinya.

"Karena Bodetabek tak bisa terlepas dari Jakarta, jadi PSBB di Jakarta memang harus disertai dengan PSBB di Bodetabek," kata Kurniasih, Rabu (8/4/2020).

Kurniasih juga meminta Pemerintah tak menahan bila permintaan PSBB diajukan di Bodetabek. Menurutnya, saat ini Kemenkes harus lebih serius dan fokus mengawal implementasi PSBB di semua titip episentrum.

"Saatnya membuktikan bahwa PSBB bisa efektif memotong mata rantai penularan Wabah C19," kata Kurniasih.

"Karenanya, Jakarta tidak bisa menjalankan PSBB sendirian, harus dilakukan bersama PSBB di Bodetabek. Karena sangat tinggi intensitas lalu lintas dan pergerakan masyarakat lintas Jakarta Bodetabek," katanya.



Sumber: BeritaSatu.com