Jokowi Lantik I Dewa Kade Sebagai Anggota KPU

Jokowi Lantik I Dewa Kade Sebagai Anggota KPU
I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi. (Foto: Antara)
Lenny Tristia Tambun / Novy Lumanauw / MPA Rabu, 15 April 2020 | 14:27 WIB

 

Jakarta, Beritasatu.com – Presiden Joko Widodo melantik I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi sebagai anggota KPU menggantikan Wahyu Setiawan. Pelantikan dilakukan di Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (15/4/2020).

Seperti diketahui, pada 16 Januari 2020, Presiden Jokowi telah memberhentikan Wahyu Setiawan dari jabatan anggota KPU. Karena Wahyu Setiawan telah ditetapkan sebagai tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam dugaan kasus menerima suap untuk caleg PDI Perjuangan.

I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi diangkat berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) RI Nomor 38/P tahun 2020 tentang pengesahan pengangkatan antar waktu anggota KPU yang ditandatangai Jokowi pada 13 April 2020.

Dalam Keppres tersebut, Jokowi memutuskan untuk menetapkan dan mengesahkan pengangkatan antar waktu I Dewa Kade Warsa Raka Sandi sebagai anggota KPU sampai dengan berakhirnya masa jabatan tahun 2017-2022.

Presiden Jokowi memimpin prosesi pengucapan sumpah I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi sebagai anggota KPU dengan cara agama Hindu.

I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi mengucapkan sumpah dihadapan Jokowi, bahwa ia akan memenui tugas dan kewajibannya sebagai anggota KPU dengan sebaik-baiknya dan sesuai dengan peraturan perundang-undangan dengan berpedoman pada Pancasila dan UUD 1945.

“Bahwa saya dalam menjalankan tugas wewenang akan bekerja dengan sungguh-sungguh, jujur, adil dan cermat demi suksesnya pemiliu anggota DPR, DPD, DPRD, Presiden dan Wakil Presiden bagi tegaknya demokrasi dan keadilan. Serta mengutamakan kepentingan NKRI daripada kepentingan pribadi atau golongan,” ucap I Dewa Kade mengikuti ucapan Jokowi.

Dalam pelantikan tersebut, turut hadir Ketua KPU Arief Budiman, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian dan Menteri Tenaga Kerja Ida Fauziyah. Kesemuanya memakai masker muka serta melakukan physical distancing.

Sebelumnya, pada hari yang sama, Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Ahmad Riza Patria sebagai Wakil Gubernur (Wagub) DKI sisa masa jabatan 2017-2022.

Ahmad Riza Patria diangkat berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 40/P tahun 2020 tentang pengesahan pengangkatan wakil gubernur DKI Jakarta sisa masa jabatan 2017-2020.



Sumber: BeritaSatu.com