AHY Instruksikan Kader Bantu Masyarakat Terdampak Covid-19

AHY Instruksikan Kader Bantu Masyarakat Terdampak Covid-19
Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (tengah) bersama tim dari Partai Demokrat menyerahkan bantuan alat medis ke Dinas Kesehatan Provinsi DKI, Sabtu (21/3/2020). (Foto: istimewa / istimewa)
Carlos KY Paath / FER Senin, 4 Mei 2020 | 19:42 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Ketua Umum (Ketum) Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengeluarkan instruksi kepada para kader untuk melakukan kegiatan "Gerakan Nasional Demokrat Peduli dan Berbagi".

AHY meminta para kader untuk melaksanakan identifikasi kelompok masyarakat yang terdampak wabah Covid-19 secara sosial dan ekonomi. Selain itu juga terhadap anak-anak yatim piatu, masyarakat kurang mampu, lanjut usia, dan kelompok disabilitas, terutama yang belum mendapatkan bantuan sosial dari pemerintah setempat.

"Hal ini ditujukan untuk memudahkan pendistribusian bantuan sosial secara cepat dan tepat sasaran," terang AHY dalam keterangan persnya, Senin (4/5/2020).

AHY menginstruksikan untuk melakukan pengumpulan dana secara swadaya dan kebutuhan sembilan bahan pokok (sembako) sesuai kemampuan masing- masing.

"Jenis dan variasi bantuan sembako disesuaikan dengan kebutuhan dan ketersediaan di daerah masing-masing, dan pendistribusiannya dilakukan secara adil dan merata sesuai dengan hasil pemetaan kelompok masyarakat sebelumnya," ujar AHY.

Tidak lupa AHY meminta para kader tetap mengutamakan keselamatan diri saat melaksanakan kegiatan Gerakan Nasional Demokrat Peduli dan Berbagi. "Lakukan jaga jarak paling aman dua meter dengan orang lain, physical distancing, pakai masker dan sering mencuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer," tegas AHY.

Khusus kepada Ketua Fraksi PD DPR, Ketua Fraksi PD DPRD Provinsi dan Kabupaten/Kota, AHY meminta agar membantu pemerintah untuk melakukan dua hal. Pertama, melakukan realokasi anggaran dan prioritas pembiayaan yang diperlukan untuk membantu kelompok masyarakat yang terdampak dan mendorong pemulihan perekonomian negara.

Kedua, mengawasi penggunaan anggaran dan pendistribusian bantuan pemerintah pusat dan daerah agar tepat sasaran, transparan dan akuntabel, sesuai prinsip-prinsip pengelolaan keuangan negara, undang-undang dan peraturan yang berlaku.

"Terima kasih kepada seluruh pengurus, kader, simpatisan, dan relawan, yang telah bersatu dan saling membantu, mengerahkan segenap sumber daya yang kita miliki untuk melawan wabah corona dan memulihkan perekonomian kita," kata AHY.



Sumber: BeritaSatu.com