Jokowi Minta Siapkan Skenario Hidup Bersama Covid-19

Jokowi Minta Siapkan Skenario Hidup Bersama Covid-19
Presiden Jokowi memimpin rapat terbatas lewat telekonferensi. (Foto: setkab.go.id)
Markus Junianto Sihaloho / AMA Kamis, 7 Mei 2020 | 11:13 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah meminta para menterinya untuk menyiapkan skenario jangka menengah di mana masyarakat akan hidup bersama Covid-19.

Hal itu diungkapkan oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati (SMI) dalam rapat virtual dengan Komisi XI DPR, Rabu (6/5/2020).

Sri menyampaikan, pandangan pemerintah yang menyadari sepenuhnya dampak pandemi Covid-19 terhadap perekonomian yang bisa membuat bangkrut siapa pun. Pemerintah sadar sepenuhnya penanganan pandemi adalah kunci.

"Dan bahkan kalau melihat laporan-laporan, Bapak Presiden tadi sudah menyampaikan bahwa kita sudah harus memulai mempersiapkan skenario jangka menengah, yaitu hidup bersama Covid-19 ini," kata Sri Mulyani.

Dilanjutkannya, sikap itu didasari oleh ingatan akan pandemi sejenis yang pernah dialami dunia pada awal 1900-an yakni flu Spanyol. Flu itu tak pernah hilang dan akan tetap ada, sehingga masyarakat harus bisa berkompormi untuk bisa hidup bersama Covid-19, sama seperti kompromi hidup dengan flu Spanyol. "Namun cara dan langkah-langkah normalisasinya itu yang sekarang sedang disiapkan," kata Sri Mulyani lagi.



Sumber: BeritaSatu.com