Jokowi: Harkitnas Momentum Kebangkitan Teknologi Kesehatan

Jokowi: Harkitnas Momentum Kebangkitan Teknologi Kesehatan
Proses desain dan uji laboratorium akurasi test kit yang diberi nama NUSANTARA TFRIC-19. Pengembangan test kit ini dilakukan oleh Nusantics. (Foto: Ist)
Novy Lumanauw / Lenny Tristia Tambun / FMB Rabu, 20 Mei 2020 | 12:29 WIB

Jakarta, Beritasatu.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan saat ini, negara-negara di dunia sedang beradu cepat dalam menangani wabah virus corona atau Covid-19. 

“Kita harus menjawabnya dengan inovasi dan karya-karya nyata yang konkrit,” kata Jokowi dalam sambutannya saat meresmikan peluncuran produk inovasi percepatan penanganan Covid-19 di Istana Merdeka, Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis (20/5/2020).

Karena itu, Jokowi menginginkan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) yang jatuh pada hari ini, Kamis (20/5/2020) menjadi momentum kebangkitan sains dan teknologi di bidang kesehatan. “Ini adalah momentum baru. Ini adalah momentum baru bagi kebangkitan bangsa. Ini adalah momentum baru kebangkitan bidang sains dan teknologi kita dan khususnya di bidang kesehatan,” ujar Jokowi.

Kepala Negara mengungkapkan pada Harkitnas, bangsa Indonesia bisa belajar dari perjuangan dr Cipto Mangungkusumo yang saat itu berjuang di garis terdepan untuk membasmi penyakit pes.

“Di hari Kebangkitan Nasional ini, kita bisa merujuk pada perjuangan Dokter Cipto Mangunkusumo kala itu yang berjuang di garis terdepan untuk membasmi penyakit pes yang saat itu sedang mewabah,” terang Jokowi.

Baca juga: Presiden Jokowi Luncurkan Inovasi Dalam Negeri Lawan Covid-19

Sebelumnya, Presiden Jokowi resmi meluncurkan produk riset, teknologi dan inovasi untuk percepatan penanganan virus corona atau Covid-19. Peluncuran ini dilakukan secara virtual melalui teleconference. Presiden Jokowi sendiri mengikuti peluncuran ini dari Istana Merdeka, Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis (20/5/2020).



Sumber: BeritaSatu.com