Kemsos: Bila Ada Beras Kualitas Buruk, Langsung Kita Ganti

Kemsos: Bila Ada Beras Kualitas Buruk, Langsung Kita Ganti
Kementerian Sosial melalui Dirjen Linjamsos dan Dharma Wanita Kementerian Sosial memantau pendistribusian bantuan sosial (bansos) sembako di RW07 Kedaung Kali Angke Jakarta Barat dan RW01 Penjaringan Jakarta Utara, Jumat (22/5/2020) siang. ( Foto: Ist )
Carlos Roy Fajarta / FMB Jumat, 22 Mei 2020 | 15:04 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Pemerintah Pusat melalui Kementerian Sosial (Kemsos) menjamin beras dan paket sembako bantuan sosial (Bansos) Presiden RI 'Bersama Lawan Covid-19' berkualitas baik dan akan langsung menggantikan apabila ditemukan paket berkualitas tidak layak.

"Bila warga atau pengurus RT yang menerima bansos menemukan ada kualitas beras yang buruk atau tidak layak konsumsi silakan dilaporkan ke kami akan langsung segera kami ganti," ujar Dirjen Perlindungan dan Jaminan Sosial Kemsos, Pepen Nazarudin, Jumat (22/5/2020) saat ditemui saat penyaluran bansos tahap ketiga di RW01 Kelurahan Penjaringan, Jakarta Utara.

Pepen menyebutkan hal tersebut juga berlaku untuk paket sembako lainnya selain beras. Apabila ada produksi dalam paket sembako yang dalam kemasannya sudah lewat tanggal kedaluarsa, maka pihaknya juga akan mengganti dengan barang yang kedaluarsanya masih panjang.

"Sekarang bansos sudah masuk ke tahap ketiga, kita di Jabodetabek terus melakukan penyisiran agar paket sembako ini bisa terdistribusi dengan baik dan lancar. Sedangkan untuk siapa warga yang menerima kita harapkan RT/RW dan Lurah bisa mengutamakan mereka yang benar-benar membutuhkan," tambah Pepen Nazarudin.

Ketua RW01 Kelurahan Penjaringan, Heri menyebutkan selama tiga kali penyaluran sembako baik berupa paket sembako maupun karung beras, warga belum ada yang mengeluhkan kualitas sembako yang buruk.

"Berasnya kualitas baik pulen, putih, tidak berbau dan tidak berkutu, jadi sangat layak konsumsi. Sedangkan barang sembako lainnya masa kedaluarsanya masih aman belum terlewati," kata Heri.

Dikatakan Heri, dalam pemberian bantuan hari ini di tahap ketiga RW01 mendapatkan 720 paket sembako. Sedangkan di dua tahap sebelumnya masing-masing 500 dan 600 paket sembako.

Sementara itu, Penasihat Dharma Wanita Kementerian Sosial, Grace Batubara juga membagikan 600 paket sembako di RW07 Kelurahan Kedaung Kali Angke, Kecamatan Cengkareng, Jakarta Barat pada Jumat (22/5/2020).

"Ini merupakan bentuk perhatian dari pemerintah kepada mereka warga yang terdampak pandemi Covid-19 dan untuk membantu meringankan beban mereka. Mari kita ikuti peraturan pemerintah jangan pulang kampung, jaga kebersihan dan kesehatan," kata Grace.

Salah satu warga RT13/RW07 Kelurahan Kedaung Kali Angke, Nugroho Suryadarmoko (43) mengaku ia tidak bekerja lagi selama masa pandemi Covid-19.

"Saya sehari-hari buruh bangunan, sekarang sejak ada corona tidak ada penghasilan sama sekali. Makanya dengan ada bantuan dari pemerintah sangat membantu kami," kata Nugroho. 



Sumber: BeritaSatu.com