Mahfud MD: Arab Saja Anjurkan Salat Ied di Rumah

Mahfud MD: Arab Saja Anjurkan Salat Ied di Rumah
Mahfud MD ( Foto: BeritaSatu Photo / Uthan AR )
Robertus Wardi / AMA Jumat, 22 Mei 2020 | 17:16 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Menko Polhukam Mahfud MD meminta umat muslim Indonesia agar melaksanakan salad Ied atau sholat Idul Fitri 1 Syawal 1441 Hijriah di rumah saja. Anjuran dan himbauan agar salat Ied bukan hanya di Indonesia, tetapi juga di negara Arab. Mekkah dan Madinah juga menganjurkan hal yang sama.

"Bukan hanya di Indonesia anjuran salat di rumah ini dilakukan. Bahkan masjid suci yang ada di Mekkah dan Madinah yaitu Masjidil Haram dan Nabwai juga ditutup demi menyelamatkam kaum Muslimin dari penularan virus Covid 19," kata Mahfud di Jakarta, Jumat (22/5/2020).

Ia menjelaskan, sebentar lagi umat muslim seluruh dunia akan sampai ke hari yang dinantikan yaitu hari raya Idul Fitri. Dalam suasana penyebaran atau pandemi Covid-19 seperti sekarang ini, hendaknya seluruh umat muslim melaksanakan salat Ied dan berhalal-bihalal di rumah. Salat dengan jumlah orang yang terbatas saja.

"Seruan seperti ini sudah dianjurkan secara sangat kuat oleh pemerintah setelah membaca seruan-seruan dari lembaga keagamaan seperti Majelis Ulama, NU, Muhamadiyah dan yang lain-lain," jelas Mahfud.

Dia mengajak seluruh umat muslim agar salat Ied di rumah dengan khusuk. Sesudah itu bisa halal bihalal atau silahturami dengan tidak harus berkerumun tetapi cukup melalui virtual atau online. "Kalau harus terpaksa bertemu, cukup dengan keluarga inti saja dengan membatasi waktu dan tetap jaga jarak," tutup Mahfud.