New Normal, Anggota DPR Minta Aparat Polri Tak Terpancing Emosi

New Normal, Anggota DPR Minta Aparat Polri Tak Terpancing Emosi
Presiden Joko Widodo (ketiga kiri) didampingi Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto (kiri), Kapolri Jenderal Pol Idham Aziz (keempat kiri) dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memberikan keterangan pers seusai meninjau kesiapan penerapan prosedur standar New Normal di Stasiun MRT Bundaraan HI, Jakarta, Selasa, 26 Mei 2020. (Foto: Antara / Sigid Kurniawan)
Markus Junianto Sihaloho / YUD Rabu, 27 Mei 2020 | 16:11 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Ketua Komisi III DPR, Herman Herry, mengingatkan aparat kepolisian yang dikerahkan untuk membantu adaptasi kehidupan masyarakat menuju tatanan kehidupan baru atau new normal untuk mengedepankan pendekatan humanis. Herman juga berharap kehadiran aparat kepolisian secara fisik bisa mempercepat tumbuhnya sikap disiplin masyarakat saat beraktivitas.

Baca juga: Ini 10 Indikator WHO untuk Buka dan Longgarkan PSBB

"Petugas kepolisian yang dikerahkan untuk adaptasi new normal ini fungsinya lebih kepada mengawasi penerapan protokol kesehatan sesuai PSBB. Tujuannya tak lain supaya masyarakat bisa segera betul-betul berdisiplin menerapkan pola pencegahan penyebaran Covid-19 sehingga kurva virus Corona bisa segera menurun," kata Herman Hery melalui keterangan, Rabu (27/5/2020).

Menurut dia, dalam tugasnya di lapangan, aparat kepolisian sebaiknya mengingatkan dengan baik terhadap warga yang tidak mengenakan masker. Aparat juga mengawasi fasilitas publik agar orang yang berada di dalamnya tidak melebihi kapasitas aman.

"Atur antrean agar sesuai prinsip jaga jarak aman, serta memberi edukasi kepada warga soal pentingnya disiplin menerapkan protokol kesehatan," tuturnya.

Baca juga: Jika PSBB Berakhir, Tempat Wisata Dibuka Secara Bertahap

Lebih lanjut, Herman mengatakan Polri harus cermat dalam mengatur kebutuhan personel yang diterjunkan untuk membantu persiapan new normal. Begitupun dengan kebutuhan petugas yang dikerahkan ke lapangan, mesti betul-betul dicukupi.

Politikus PDIP itu mengingatkan bahwa aparat Kepolisian yang bertugas di lapangan mungkin akan menghadapi berbagai reaksi dari masyarakat. Walau begitu, Herman meminta aparat kepolisian tidak terpancing.

Baca juga: PSBB Transisi, Kota Bogor Perbolehkan Toko Nonpangan dan Restoran Buka

"Bagaimana pun reaksi dari masyarakat, petugas kepolisian harus tetap berpegang pada profesionalisme. Petugas yang diturunkan ke lapangan harus betul-betul mencamkan bahwa fungsi mereka kali ini fokus pada fungsi edukasi," pungkasnya.

Diketahui, Presiden Jokowi sudah memerintahkan agar personil TNI dan Polri turun tangan dalam menegakkan aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).



Sumber: BeritaSatu.com