Baru Dikeluarkan, Peraturan New Normal Kemdagri Direvisi

Baru Dikeluarkan, Peraturan New Normal Kemdagri Direvisi
Ilustrasi mal pelayanan publik. (Foto: Antara)
Robertus Wardi / FMB Senin, 1 Juni 2020 | 13:57 WIB

Jakarta, Beritasatu.com – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian mengubah pedoman normal baru (new normal) untuk Pemerintah Daerah (Pemda) dan Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Kementerian Dalam Negeri (Kemdagri).

Pedoman pertama dikeluarkan Tito lewat Keputusan Mendagri (Kepmendagri) Nomor 440-830 Tahun 2020, tanggal 27 Mei. Selang tiga hari yaitu tanggal 31 Mei, Kepmendagri yang terbit sebelumnya diubah dengan Nomor 440-842 Tahun 2020. Dengan adanya Kepmendagri yang baru, maka aturan dalam Kepmendagri sebelumnya tidak berlaku.

Dalam Kepmendagri terbaru yang beredar di kalangan wartawan di Jakarta, Senin (1/6/2020), menyebutkan ruang lingkup pedoman hanya mencakup pencegahan penyebaran Covid-19 secara umum, sistem kerja, dukungan sumber daya manusia aparatur dan dukungan infrastruktur.

Padahal dalam Kemdagri sebelumnya, ruang lingkupnya lebih spesifik yang mencakup beberapa hal. Pertama, terkait pemetaan kondisi penyebaran infeksi virus Covid-19 dan penetapan kondisi pandemik suatu daerah. Kedua, kesiapsiagaan pemerintah daerah dalam pencegahan dan pengendalian Covid 19. Ketiga, penyiapan masyarakat dan dunia usaha dalam pencegahan dan pengendalian Covid-19. Keempat, masalah Protokol Kesehatan.

“Pedoman new normal memberikan arahan bagi ASN di lingkungan Kemdagri dan Pemda untuk mengetahui dan memahami dampak resiko penularan Covid-19,” kata Tito.

Dalam Kepmendagri yang baru, tidak ada sejumlah protokol kesehatan yang dilakukan Pemda. Padahal pada Kepmendagri sebelumnya, Tito membuat sejumlah protokol kesehatan yang harus dijalankan. Ada protokol layanan kesehatan, protokol di luar rumah, protokol di tempat kerja, protokol layanan pendidikan dan sekolah serta protokol penyelenggaraan acara seperti pernikahan, ibadah, konser, acara olah raga.



Sumber: BeritaSatu.com