New Normal, Jokowi Salat Jumat di Masjid Baiturrahim Istana

New Normal, Jokowi Salat Jumat di Masjid Baiturrahim Istana
Presiden Joko Widodo berjalan menuju Masjid Baiturrahim untuk melaksanakan Salat Jumat berjamaah di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Jumat, 5 Juni 2020. (Foto: Istimewa)
Lenny Tristia Tambun / FMB Jumat, 5 Juni 2020 | 13:13 WIB

Jakarta, Beritasatu.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan melaksanakan salat Jumat di Masjid Baiturrahim yang berada di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Jumat (5/6/2020). Demikian disampaikan Deputi Bidang Protokol, Pers dan Media Bey Machmudin saat dihubungi wartawan.

“Presiden akan salat Jumat di Masjid Baiturrahim yang ada di lingkungan Istana Kepresidenan Jakarta,” kata Bey Machmudin.

Ia menjelaskan dalam pelaksanaan salat Jumat di Masjid Baiturrahim tetap melaksanakan protokol kesehatan yang ketat untuk mencegah penularan Covid-19. Salah satunya, dilakukan pengaturan jarak antar jamaah.

Tidak hanya itu, kapasitas untuk menampung jemaah juga dikurangi dari awalnya 750 orang, menjadi 150 orang saja.

“Iya termasuk pengaturan jarak antar jemaah. Di dalam masjid, yang biasa bisa menampung 750, sekarang hanya 150 karena ada pengaturan jarak,” ujar Bey Machmudin.

Sebelumnya, Presiden Jokowi telah melakukan pengecekan kesiapan penerapan prosedur standar normal baru Masjid Baiturrahim di Kompleks Istana Kepresidenan, Kamis (4/6/2020). Jokowi memastikan nantinya masjid tersebut segera digunakan untuk ibadah salat.

"Saya melakukan pengecekan di Masjid Baiturrahim di istana ini, dalam rangka persiapan menuju sebuah tatanan normal baru, adaptasi kebiasaan baru, untuk nantinya segera Masjid Baiturrahim bisa kita pakai bersama sama untuk salat berjamaah maupun salat sendiri,” kata Jokowi seusai meninjau.

Mantan Gubernur DKI Jakarta berharap dengan penataan protokol kesehatan yang jelas dan juga pembersihan disinfektan, masjid bisa digunakan untuk salat Jumat maupun salat berjemaah.

"Kita harapkan dengan penataan, dengan tanda tanda yang jelas, tadi sudah saya lihat tadi juga dengan pembersihan masjid dengan disinfektan, kita harapkan nanti apabila solat Jumat sudah dimulai lagi di masjid, masjid baiturrahim betul-betul sudah siap untuk melaksanakan tatanan normal baru adaptasi kebiasaan baru,” terang Jokowi.



Sumber: BeritaSatu.com