Pilkada Serentak 2020 Dinilai Sudah Sepatutnya Tetap Dilaksanakan

Pilkada Serentak 2020 Dinilai Sudah Sepatutnya Tetap Dilaksanakan
Arif Wibowo. (Foto: Antara)
Carlos KY Paath / WM Jumat, 5 Juni 2020 | 21:29 WIB

 

Jakarta, Beritasatu.com - Wakil Ketua Komisi II DPR Arif Wibowo menegaskan Pemilihan Kepala Daerah (pilkada) Serentak 2020 sudah sepatutnya dilaksanakan. Salah satu tujuan utamanya yaitu agar roda pemerintahan di daerah berjalan optimal.

“Kenapa pilkada dilanjutkan? Karena pemerintahan di daerah harus berjalan. Selain itu tidak bisa dipastikan pandemi Covid-19 berakhir,” kata Arif dalam diskusi “Mengawal Demokrasi Di Tengah Pandemik, Menakar Kesiapan Pilkada Serentak 2020”, Jumat (5/6/2020).

Arif pun menyebut, “Pemerintahan tidak boleh berhenti. Kalau dilaksanakan 9 Desember 2020, maka penjabat kepala daerah tidak akan banyak. Berbeda jika pilkada diundur pada tahun 2021. Jadi pilkada harus dijalankan.”

Pada kesempatan yang sama Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU), I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi mengatakan KPU sebagai penyelenggara secara prinsip menginginkan rakyat dapat menggunakan hak pilih dan dipilih secara periodik.

Raka menyatakan pilkada di tengah pandemi Covid-19 memang menjadi pengalaman baru. Tidak hanya bagi Indonesia, melainkan negara-negara lain di dunia. “Kerangka hukum pemilihan selama ini didasari satu perspektif berbeda dengan pandemi yang kita hadapi sekarang,” kata Raka

Raka berharap pasangan calon kepala daerah dan wakil kepala daerah yang terpilih nantinya dapat memimpin masyarakat masing-masing. “Terlebih bagaimana mengambil inisiatif untuk memecahkan masalah-masalah sosial, kesehatan masyarakat,” ucap Raka.



Sumber: BeritaSatu.com