Gerindra Diyakini Siapkan Prabowo Kembali Bertarung di Pilpres 2024

Gerindra Diyakini Siapkan Prabowo Kembali Bertarung di Pilpres 2024
Ketua Umum DPP Partai Gerindra, Prabowo Subianto. (Foto: Istimewa)
Yeremia Sukoyo / YUD Senin, 8 Juni 2020 | 17:18 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Seluruh Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Gerindra sepakat meminta Prabowo Subianto menjadi Ketua Umum (Ketum) Partai Gerindra periode 2020-2025. Permintaan tersebut disampaikan dalam rapat pimpinan nasional (Rapimnas) beberapa waktu lalu.

Pengamat politik dari UIN Syarif Hidayatullah, Adi Prayitno, menjelaskan, kesepakatan pengurus DPD Gerindra yang menginginkan Prabowo kembali menjadi Ketum bukanlah tanpa sebab. Hingga saat ini seluruh pengurus DPD Gerindra menyadari, sosok Prabowo Subianto masih memiliki elektoral yang cukup kuat.

Baca juga: Waketum Gerindra: Prabowo Siap Kembali Pimpin Gerindra

"Pertama, bagian merawat stamina elektoral gerindra di Pileg dan Pilpres. Sosok Prabowo merupakan magnet elektoral paling dominan yang tak tergantikan sampai saat ini," kata Adi Prayitno, di Jakarta, Selasa (8/6/2020).

Atas kesepakatan pengurus DPD Gerindra tersebut, dirinya meyakini keputusan Rapimnas merupakan bagian skenario di Pilpres 2024. Artinya, pengurus Gerindra kembali akan mendorong Prabowo Subianto untuk maju menjadi Calon Presiden.

"Sangat mungkin ini bagian dari jalan menuju Pilpres 2024. Semua tergantung Prabowo apakah siap tanding lagi atau tidak," ucap Adi Prayitno.

Baca juga: Prabowo: Covid-19 Membuat Lebaran Tidak Seperti Biasanya

Di dalam perhelatan Pilpres 2024, Partai Gerindra sendiri memiliki bekal yang cukup memadai dari sisi elektoral dan persyaratan. Paling tidak, Partai Gerindra hanya butuh dukungan satu partai lagi jika ingin mengusung sendiri calonnya.

"Bekalnya relatif memadai. Gerindra hanya butuh tambahan dukungan satu partai untuk menggenapi ambang batas presiden. Dari segi elektabilitas prabowo sudah punya bekal," ungkapnya.

Berbicara mengenai peluang, dirinya meyakini sosok Prabowo Subianto sendiri masih memiliki peluang yang cukup kuat untuk memenangi Pilpres. Prabowo dianggapnya memiliki elektabilitas yang cukup baik, dan bahkan belum tersaingi pasca berkompetisi dengan Joko Widodo pasca Pilpres 2019 lalu.

"Sangat berpeluang Prabowo akan maju lagi. Apalagi kalau melihat elektabilitas saat ini tidak ada satpun yang bisa menyaingi Prabowo," ucapnya.

Baca juga: Ini Taklimat Lengkap Prabowo untuk Seluruh Kader Partai Gerindra

Sebelumnya, Wakil Ketua Umum (Waketum) DPP Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad, menjelaskan, 34 DPD Partai Gerindra meminta Prabowo Subianto bersedia menjadi Ketum. Permintaan tersebut disampaikan dalam Rapimnas Partai Gerindra beberapa waktu lalu.

"Rapat Pimpinan Nasional Partai Gerindra yang membawa aspirasi seluruh DPC seluruh Indonesia, memang meminta kembali Prabowo Subianto menjadi Ketua Umum Partai Gerindra 2020-2025," kata Dasco.

Dikatakan, ada sejumlah pertimbangan mengapa 34 DPD Gerindra sepakat meminta Prabowo kembali memimpin partai. Salah satunya yakni Partai Gerindra masih membutuhkan figur Prabowo Subianto yang dianggap mampu memimpin perjuangan partai.

Menurut Dasco, Prabowo sendiri menerima permintaan dari pengurus DPD. Prabowo menganggap permintaan tersebut sebagai perintah partai yang tentunya harus dilaksanakan. Hasil Rapimnas sendiri akan dilanjutkan dengan pelaksanaan Kongres Partai Gerindra yang waktunya akan segera ditentukan.



Sumber: BeritaSatu.com