La Nyalla: DPD Tetap Awasi Pelaksanaan Pilkada 2020

La Nyalla: DPD Tetap Awasi Pelaksanaan Pilkada 2020
La Nyalla Mahmud Mattalitti. (Foto: Antara)
Robertus Wardi / FER Rabu, 17 Juni 2020 | 18:58 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Dewan Perwakilan Daerah (DPD) menolak pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak yang digelar 9 Desember 2020. Alasannya, wabah virus corona atau Covid 19 belum berakhir.

Baca Juga: Pilkada 2020 Dinilai Obral Kualitas

Meski menolak, DPD siap mengawal proses demokrasi di tingkat daerah tersebut. DPD akan melihat dan memantau bagaimana pelaksanaan pilkada di tengah pandemi Covid-19.

"Setiap senator di 32 provinsi yang menggelar pilkada akan melakukan pengawasan proses dan tahapannya. Termasuk terhadap sejumlah daerah yang meminta bantuan pendanaan dari pusat,” kata Ketua DPD La Nyalla Mahmud Mattalitti di Gedung DPD, Jakarta, Rabu (17/6/2020).

Baca Juga: Akhyar dan Bobby Nasution Bakal Bertarung di Pilkada

La Nyalla menjelaskan, DPD akan melihat apakah pelaksanaan pilkada benar-benar aman dari penularan Covid-19. DPD akan turun ke lapangan untuk melihat bagaimana protokol kesehatan dilaksanakan secara sungguh-sungguh. Dia meminta pilkada bisa ditunda jika penyebaran corona semakin luas dan tak terkendali.

"Perppu nomor 2 Tahun 2020 memberi peluang untuk dilakukan evaluasi terhadap pilkada, terutama terkait wabah Covid-19. Kami konkretkan dengan Kemdagri proses keterlibatan senator dalam pengawasan proses nanti,” ujar La Nyalla.



Sumber: BeritaSatu.com