Ketua MPR Minta Pemerintah Jaga Persediaan Gula, Daging dan Bawang

Ketua MPR Minta Pemerintah Jaga Persediaan Gula, Daging dan Bawang
Ilustrasi daging sapi. (Foto: Antara / Adiwinata Solihin)
Markus Junianto Sihaloho / FMB Jumat, 19 Juni 2020 | 20:41 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Ketua MPR Bambang Soesatyo menyatakan ada tiga bahan pangan yang masih perlu tetap dilakukan impor, yaitu gula, daging sapi, dan bawang putih, agar kebutuhan pangan tetap dapat terjaga hingga Desember 2020. Walau demikian, Pemerintah jangan asal melakukan impor.

Menurutnya, sebelum memutuskan impor, Pemerintah harus memperhatikan dulu produksi petani dan peternak lokal menyangkut ketiga komoditas tersebut.

"Kami mendorong pemerintah agar dalam melakukan impor ketiga bahan pangan tersebut, tetap memperhatikan kepentingan petani dan peternak dalam negeri agar tidak merugi," kata Bamsoet, sapaan akrabnya, Jumat (19/6/2020).

Baginya, Pemerintah harus mendahulukan langkah untuk meningkatkan produksi pangan dalam negeri, khususnya petani tebu untuk produksi gula, peternak sapi untuk produk daging sapi, dan petani bawang untuk produksi bawang putih. Hal ini agar untuk ke depannya Indonesia dapat mengurangi dan bahkan tidak bergantung sepenuhnya lagi pada impor.

Untuk itu, Pemerintah harus bisa memproyeksikan hasil produksi pangan dalam negeri, agar kebutuhan pangan dapat disesuaikan sesuai kebutuhan masyarakat. Dan impor yang dilakukan hanya benar-benar jika dibutuhan saja.

"Kami mendorong pemerintah untuk mengevaluasi dan mengantisipasi adanya peningkatan kebutuhan pangan masyarakat, dan berkomitmen fokus untuk menyejahterakan petani dan peternak dalam negeri," pungkasnya.



Sumber: BeritaSatu.com