Wapres Ajak Ahli Lakukan Aksi Nyata Pulihkan Ekonomi

Wapres Ajak Ahli Lakukan Aksi Nyata Pulihkan Ekonomi
Wapres KH. Ma'ruf Amin. (Foto: istimewa)
Markus Junianto Sihaloho / YUD Minggu, 21 Juni 2020 | 21:32 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin mengatakan bahwa selain faktor kesehatan, sektor lain yang juga sangat terdampak dari Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) adalah ekonomi. Untuk memulihkan sektor ekonomi tersebut, dia mengajak seluruh elemen bangsa, khususnya para ahli di Ikatan Ahli Ekonomi Islam (IAEI) Indonesia, untuk berkontribusi nyata.

Bagi Wapres, sebaiknya para ahli ekonomi Indonesia tak sekedar melakukan pertemuan dan diskusi, namun melaksanakan aksi-aksi nyata.

"Marilah kita ikut berpartisipasi dalam menanggulangi apa yang dialami oleh bangsa ini, yaitu akibat pandemi Covid-19,” kata Wakil Presiden, dalam keterangannya, Minggu (21/6/2020).

Menurut Wapres, situasi ekonomi saat ini membutuhkan perhatian semua pihak. Sebab akibat pandemi Covid-19, banyak orang kehilangan pekerjaan sehingga muncul kelompok miskin baru. Hal itu yang membuat fokus penanganan Covid-19 di sisi Pemerintah, saat ini tidak hanya pada sisi kesehatan. Tetapi juga pada penanggulangan dampak ekonomi.

Menurut Wapres, Pemerintah sudah melakukan langkah-langkah pemulihan ekonomi nasional. Dan pada titik itu, kaum cerdik pandai dan yang memiliki lukuiditas, sebaiknya mengambil peran terutama dalam menjaga agar ekonomi-ekonomi kecil, usaha mikro, tetap hidup.

"Mereka yang paling terdampak oleh Covid ini, kan mereka justru paling banyak menampung tenaga kerja, persentasenya jauh lebih besar,” papar Wapres.

Hal itu diungkapkan wapres setelah sebelumnya bersilaturahmi dengan IAEI secara virtual. Secara khusus dia meminta IAEI turut mendorong bangkitnya keuangan dan ekonomi syariah di Indonesia. Khususnya ekonomi dan keuangan syariah.

“Sekali lagi selamat untuk bekerja dan kita memulai dan juga saya harap ikut berpartisipasi lebih besar, baik di dalam penanggulangan situasi sekarang sebagai dampak Covid-19, baik kesehatannya, sosialnya, maupun pemulihan ekonominya,” pungkas Wapres.



Sumber: BeritaSatu.com