Jokowi Tegaskan Harus Hilangkan Ego Sektoral dalam Penanganan Covid-19

Jokowi Tegaskan Harus Hilangkan Ego Sektoral dalam Penanganan Covid-19
Presiden Joko Widodo. (Foto: Antara / Sigid Kurniawan)
Lenny Tristia Tambun / FMB Senin, 29 Juni 2020 | 13:23 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajak kerja bersama seluruh pihak untuk mengefektifkan penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia.

Saat ini dibutuhkan penanganan dan pengendalian yang terintegrasi antara satu dengan lainnya baik antarkementerian dan lembaga, maupun pemerintah pusat dengan daerah.

“Menurut saya yang paling penting adalah pengendalian yang terintegrasi, pengendalian yang terpadu. Sehingga semua kerja kita ini bisa efektif,” kata Jokowi saat membuka rapat terbatas (ratas) tentang percepatan penanganan dampak pandemi Covid-19 di Istana Merdeka, Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (29/6/2020).

Baca juga: Jokowi Minta Birokrasi di Kemkes Tidak Bertele-tele

Semua kementerian atau lembaga negara maupun pemerintah daerah, menurut Jokowi harus melupakan ego sektoral, baik itu ego kementerian, ego lembaga maupun ego kedaerahan. Ia tidak mau semua stakeholder pemerintahan berjalan sendiri-sendiri dalam percepatan penanganan Covid-19.

“Tidak ada lagi ego sektoral, ego kementerian, ego lembaga, ego kedaerahan. Apalagi jalan-jalan sendiri. Saya kira ini harus sudah kita hilangkan,” ujar Jokowi.

Lebih lanjut, Jokowi menekankan dukungan TNI/Polri dalam meningkatkan kedisiplinan ditengah-tengah masyarakat, terutama untuk area publik yang berisiko harus tetap dijaga.

“Dukungan TNI/Polri terutama dalam kedisiplinan di masyarakat terutama untuk area-area publik yang berisiko kita harapkan terus betul-betul dijaga,” jelas Jokowi.

Sekali lagi mantan Wali Kota Solo ini mengingatkan agar semua jajarannya menyiapkan terobosan baru yang dapat dikerjakan bersama-sama. Sehingga dapat memberikan efek besar kepada masyarakat.

“Saya minta agar menyiapkan sebuah terobosan agar ada sesuatu baru lagi yang kita kerjakan bersama-sama dan memberikan efek besar pada masyarakat untuk betul-betul kita mematuhi protokol kesehatan yang ada,” tukasnya.



Sumber: BeritaSatu.com