KPU Diminta Gencarkan Sosialisasi Pilkada

KPU Diminta Gencarkan Sosialisasi Pilkada
Ilustrasi KPU (Foto: Beritasatu.com)
Carlos KY Paath / CAH Selasa, 30 Juni 2020 | 17:27 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) diminta menggencarkan sosialisasi Pemilihan Kepala Daerah (pilkada) Serentak yang digelar 9 Desember 2020. Tujuannya agar masyarakat menerima informasi pelaksanaan pilkada sekaligus ikut berpartisipasi

"Sosialisasi sangat penting agar partisipasi pemilih dan keterlibatan masyarakat dalam pilkada dapat berjalan optimal. Fraksi PAN (Partai Amanat Nasional) mendorong penyelenggara pemilu menggalakkan sosialisasi pilkada kepada masyarakat pemilih secara masif," kata Anggota Komisi II DPR Guspardi Daus, Selasa (30/6/3020).

Baca JugaKPU Akan Batasi Pertemuan Fisik dalam Kampanye Pilkada 2020

Menurut Guspardi partisipasi tidak saja direpresentasikan dalam wujud keterlibatan ketika pemilihan, tapi juga dalam bentuk pengawasan, sosialisasi, hingga pendidikan politik. Guspardi menyatakan tentu semua berharap yang terbaik bagi prosesi demokrasi di Indonesia di tengah pandemi Covid-19.

Guspardi mendorong seluruh pihak saling berkomitmen untuk menegakkan asas-asas pemilu antara lain langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil. Dengan begitu Pilkada Serentak 2020 sangat substantif, terjaga kualitasnya, dan dapat menghasilkan pemimpin berkualitas.

Baca JugaKomisi II DPR Setujui Perppu Pilkada

Guspardi menambahkan fraksinya meminta pemerintah dan penyelenggara pemilu dapat segera menyiapkan segala perangkat untuk menyukseskan pemungutan suara Pilkada Serentak. Guspardi mengingatkan faktor keselamatan masyarakat dan seluruh penyelenggara harus menjadi skala prioritas. Misalnya kewajiban menerapkan protokol kesehatan Covid-19 dan lainnya.



Sumber: BeritaSatu.com