Menteri PAN dan RB Ungkap Gubernur yang Kerap Beri Ponsel ke ASN

Menteri PAN dan RB Ungkap Gubernur yang Kerap Beri Ponsel ke ASN
Tjahjo Kumolo. (Foto: Antara Foto / Wahyu Putro A)
Carlos KY Paath / CAR Senin, 6 Juli 2020 | 14:21 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menteri PAN dan RB) Tjahjo Kumolo menyebut pernah ada gubernur yang kerap memberi ponsel ke Aparatur Sipil Negara (ASN). Setiap menjelang pemilihan kepala daerah (pilkada), menurut Tjahjo, gubernur itu membagikan telepon seluler (ponsel), khususnya untuk guru dan perawat.

“Ada seorang gubernur, mohon maaf ini sedikit cerita saja. Dia menang dua kali. Dia hanya membagi anggarannya untuk semua guru, perawat, dan bidan, kasih handphone (ponsel),” kata Tjahjo saat rapat kerja dengan Komisi II DPR, di Ruang Rapat Komisi II, Gedung Parlemen, Jakarta, Senin (6/7/2020).

Tanpa menyebut nama, Tjahjo menambahkan, gubernur dimaksud akhirnya berhasil menjabat selama dua periode tanpa berkampanye berlebihan. “Jadi enggak kampanye lagi. Terpilih dua periode,” ucap mantan menteri dalam negeri tersebut.

Tjahjo menjelaskan pengalaman ini dijadikan evaluasi bagi Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kementerian PAN dan RB), termasuk institusi lainnya. Tujuannya dalam rangka menjaga netralitas ASN ketika pilkada.

“Pedoman pengawasan netralitas pegawai ASN untuk Pilkada Serentak tahun 2020 sudah kita persiapkan dengan baik,” ungkap Tjahjo.

Tjahjo menuturkan banyak ASN yang memutuskan mengikuti tim sukses (timses) dari calon petahana. Tjahjo menegaskan pihaknya akan memperketat pengawasan. “Kita perketat netralitas ASN. Banyak yang ikut timses. Mereka berpikir, 'siapa tahu tim sukses saya menang pemilu kepala daerah'. Otomatis dia bisa dapat jabatan,” ucap Tjahjo.



Sumber: BeritaSatu.com