Fraksi PDIP: Bola RUU HIP Kini di Pemerintah

Fraksi PDIP: Bola RUU HIP Kini di Pemerintah
Bambang Wuryanto. (Foto: Antara)
Markus Junianto Sihaloho / JAS Kamis, 9 Juli 2020 | 14:58 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Sekretaris Fraksi PDI Perjuangan (PDIP) Bambang Wuryanto menyatakan tak tepat bila penggantian Rieke Diah Pitaloka sebagai Wakil Ketua Badan Legislasi (Baleg) DPR dianggap sepenuhnya akibat kontroversi RUU Haluan Ideologi Pancasila (HIP). Sebab nasib RUU itu sepenuhnya kini berada di tangan pemerintah.

Menurut Pacul, sapaan akrab Bambang, saat masih menjabat di Baleg, Rieke mengawal proses di Baleg DPR sehingga akhirnya rapat paripurna DPR mengesahkan RUU tersebut sebagai inisiatif DPR. Dan sesudah menjadi inisiatif, giliran Pemerintah yang akan bersikap.

"Bola HIP di mana? Bola HIP sekarang di Pemerintah. DPR sudah setuju sebagai RUU inisiatif, 8 fraksi setuju, dan itu clear ada catatannya dan sudah dikirim Pemerintah. Jadi sekarang bola HIP dimana? Itu di Pemerintah," kata Pacul menjawab wartawan dalam konferensi pers, Kamis (9/7/2020).

Lanjut soal RUU HIP, Pacul menilai ke depan, bisa saja terjadi banyak perubahan yang diusulkan oleh Pemerintah ketika menyampaikan Daftar Inventarisasi Masalah (DIM). Kata pria asal lereng Gunung Lawu, Karanganyar, Jawa Tengah itu, pembentukan RUU dilakukan oleh DPR harus dengan Pemerintah.

"Jadi kita tunggu Pemerintah. Kalau pemerintah bilang tak mau bahas, selesai pula ini barang. Tapi mekanismenya ada, dan di DPR ini mekanisme yang paling penting. Semua proses melalui prosedur, sesuai dengan kesepakatan bersama. Politik kan kesepakatan," ujarnya.



Sumber: BeritaSatu.com