Logo BeritaSatu

Bawaslu Jateng Waspadai Kerawanan Coklit Daftar Pemilih

Selasa, 14 Juli 2020 | 17:23 WIB
Oleh : Stefi Thenu / FER

Semarang, Beritasatu.com - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Jawa Tengah mewaspadai titik krusial atau kerawanan dalam penyusunan daftar pemilih Pilkada 2020 di 21 kabupaten/kota.

Baca Juga: Kriminalisasi Pemilu Harus Dihentikan

Koordinator Divisi Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Jawa Tengah (Jateng), Anik Sholihatun menyatakan, ada beberapa titik krusial dalam tahapan pencocokan dan penelitian (coklit) daftar pemilih untuk pilkada.

Menurut Anik, kerawanan atau titik-titik krusial dalam penyusunan daftar pemilih yang perlu diwaspadai, antara lain petugas tidak melakukan coklit ke lapangan, DPS dan DPT tidak diumumkan oleh petugas, PPS tidak transparan dalam proses publikasi data pemilih, rapat pleno rekapitulasi data pemilih secara berjenjang tidak melibatkan peserta pemilihan, pemilih tidak memenuhi syarat (TMS) masih tercantum di daftar pemilih, hingga pemilih yang memenuhi syarat tapi belum masuk di dalam daftar pemilih.

Anik menegaskan, Bawaslu 21 kabupaten/kota akan melakukan pengawasan secara ketat tahapan coklit daftar pemilih untuk Pilkada 2020.

"Berbagai upaya dilakukan para pengawas agar tahapan ini berjalan sesuai dengan ketentuan perundang-undangan. Mari kita wujudkan kualitas daftar pemilih pilkada 2020 yang baik," tegas Anik, Selasa (14/7/2020).

Baca Juga: Baru 46% Dana Pilkada Diterima Bawaslu

Coklit akan dilakukan di setiap TPS oleh Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP). Jajaran pengawas terutama Panwaslu kecamatan dan Panwaslu Desa/Kelurahan akan melakukan pengawasan. Warga juga bisa ikut terlibat aktif dalam pengecekan daftar pemilih. Adapun proses coklit daftar pemilih akan berlangsung mulai 15 Juli hingga 13 Agustus 2020.

Dalam melakukan coklit, kata Anik, PPDP dan pengawas harus mematuhi protokol kesehatan pencegahan Covid-19 serta menjaga keselamatan petugas dan para pemilih. "Tujuannya untuk menghadirkan data pemilih yang komprehensif, akurat dan mutakhir," tegasnya.

Menurut Anik, berbagai strategi pengawasan tahapan penyusunan daftar pemilih akan dilakukan, antara lain Bawaslu di masing-masing kabupaten/kota akan melakukan berbagai upaya himbauan pencegahan.

"Selain itu, Bawaslu di masing-masing kab/kota juga terus berkoordinasi dengan berbagai stakholder. Mendirikan posko laporan dan pengaduan data pemilih, melakukan publikasi dan penyebarluasan informasi pemutakhiran data pemilih kepada masyarakat," tegasnya.

Baca Juga: Golkar Klaim Tanpa Mahar di Pilkada 2020

Anik menambahkan, Bawaslu juga menyusun pemetaan kerawanan data pemilih. "Misalnya, kerawanan dari sisi kepadatan pemilih, daerah perbatasan, pemilih rentan, zona merah Covid-19, masalah perekaman KTP elektronik dan lain-lain," pungkasnya.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Mantan Panglima OPM Minta Lukas Enembe Penuhi Pemeriksaan KPK

Mantan Panglima OPM Lambert Pekikir menyorot mangkirnya Gubernur Papua Lukas Enembe dari pemeriksaan KPK.

NEWS | 27 September 2022

Puan Minta Ahmadi Noor Supit Buat Gebrakan Tingkatkan Kinerja BPK

Ketua DPR, Puan Maharani berharap anggota BPK terpilih, Ahmadi Noor Supit membuat gebrakan untuk meningkatkan kinerja BPK dalam mencegah kerugian negara.

NEWS | 27 September 2022

KLHK Proses 1.308 Kasus Pencemaran Lingkungan Hidup ke Pengadilan

KLHK telah memproses 1.308 kasus pencemaran lingkungan hidup baik pidana dan perdata hingga ke pengadilan dalam beberapa tahun terakhir.

NEWS | 27 September 2022

KPU Tak Perpanjang Masa Perbaikan Dokumen Parpol

KPU memastikan tidak akan memperpanjang waktu perbaikan dokumen pendaftaran partai politik (parpol) calon peserta Pemilu 2024

NEWS | 27 September 2022

Keluarga Yakin Mahsa Amini Disiksa Polisi Susila Iran sebelum Tewas

Keluarga Mahsa Amini yang meninggal dalam tahanan Iran meyakini, wanita berusia 22 tahun itu meninggal setelah mendapat penyiksaan dari polisi susila.

NEWS | 27 September 2022

1,6 Juta Guru Belum Terima Tunjangan karena Terkendala Aturan Kemendikbudristek

Sebanyak 1,6 juta guru yang belum mendapat tunjangan profesi guru karena terkendala persyaratan yang dibuat Kemendikbudristek.

NEWS | 27 September 2022

Cegah Banjir, DKI Keruk Lumpur Sungai Serentak di 5 Wilayah

Dinas SDA DKI mengeruk sedimen lumpur dan sampah di sejumlah sungai dan waduk serentak di lima wilayah Jakarta sebagai upaya mencegah banjir

NEWS | 27 September 2022

Jakarta Innovation Days, Ajang DKI Unjuk Gigi Capaian Kinerja

Jakarta Innovation Days menjadi ajang DKI untuk memublikasikan capaian program kerja yang telah dikerjakan dalam waktu lima tahun ke belakang

NEWS | 27 September 2022

DPRD Ingin Kajian Trem Kota Bogor Sesuai Tata Ruang

DPRD mendesak Pemkot Bogor untuk lebih mematangkan kembali soal kajian rencana strategi transportasi di Kota Bogor, terkait pembangunan trem

NEWS | 27 September 2022

Putri Bungsu Mantan PM Thailand Thaksin Unggul di Jajak Pendapat

Putri bungsu mantan PM Thailand Thaksin Shinawatra, telah muncul sebagai calon utama perdana menteri dalam jajak pendapat.

NEWS | 27 September 2022


TAG POPULER

# Kevin Sanjaya


# Surplus APBN


# Kompor Listrik


# AKBP Arif Rachman


# Lukas Enembe


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Mantan Panglima OPM Minta Lukas Enembe Penuhi Pemeriksaan KPK

Mantan Panglima OPM Minta Lukas Enembe Penuhi Pemeriksaan KPK

NEWS | 9 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings